Hubungan pemberian vaksin Covid-19 dengan kondisi air susu ibu - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, salah satu user saya menanyakan apakah ada hubungan pemberian vaksin Covid Astrazeneca dengan perubahan warna ASI menjadi kehijauan dan penurunan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Hubungan pemberian vaksin Covid-19 dengan kondisi air susu ibu

    21 Mei 2021, 12:14

    Alo dokter, salah satu user saya menanyakan apakah ada hubungan pemberian vaksin Covid Astrazeneca dengan perubahan warna ASI menjadi kehijauan dan penurunan produksinya 24 jam pasca imunisasi. Saya membaca sampai saat ini belum ada laporan efek samping ataupun KIPI terkait hal ini. Mohon advis literatur atau pengalaman serupa mengenai hal ini ya, Dok.

21 Mei 2021, 15:44

Alo dokter,

Belum terdapat hasil studi yang dipublikasikan mengenai penggunaan vaksin Astrazeneca (vaksin tipe DNA) pada ibu hamil dan menyusui.

Ada artikel yang melaporkan penggunaan vaksin COVID-19 m-RNA (Pfizer dan Moderna) pada ibu hamil dan menyusui. Pada artikel tersebut tertulis bahwa dari 180  wanita yang menerima vaksina COVID-19 (71% Pfizer, 29% Moderna), beberapa wanita melaporkan penurunan sementara produksi ASI. Pfizer melaporkan penurunan ASI pada 7,3% setelah dosis pertama dan 8% setelah dosis kedua. Sedangkan Moderna masing-masing 8% dan 23,4% setelah dosis pertama dan kedua. Dalam semua kasus, suplai ASI kembali normal dalam 3 hari. Serta ada 5 wanita melaporkan perubahan warna susu menjadi biru kehijauan setelah mendapat dosis vaksin.

Referensi: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK565969/

 

21 Mei 2021, 16:06
Wah terima kasih banyak infonya ya dok. Keren!!