Hubungan nervus facialis dan nervus hipoglosus - Diskusi Dokter

general_alomedika

Izin bertanya dokter, mengapa pada pasien stroke jika terkena gangguan nervus facialis, nervus hipoglosus juga mengalami gangguan ? Apakah nervus VII dan XII...

Diskusi Dokter

08 September 2022, 19:08
Tidak berhubungan, kemungkinan lesinya di parenkim otak, karena pusat n VII dan XII sama2 di batang otak memang, tapi 1 di pons 1 lagi di medulla oblongata, atau lesi di brainstem yg lumayan luas
08 September 2022, 19:15
dr.indra pratama
dr.indra pratama
Dokter Umum - Kecantikan
Berarti gak harus ya dok gangguan nervus VII diikuti oleh n XII pada pasien stroke ? Tergantung luas lesi nya aja ya dok ? 
08 September 2022, 20:54
Iya, tergantung luas lesi dan letak lesi
08 September 2022, 21:39
dr.indra pratama
dr.indra pratama
Dokter Umum - Kecantikan
Terima kasih banyak dokter 🙏
13 September 2022, 11:02
dr. Ade Wijaya SpS
dr. Ade Wijaya SpS
Dokter Spesialis Saraf

Alo dr. Indra Pratama

 

Pada pasien stroke memang seringkali didapatkan paresis N.VII dan XII secara bersamaan tetapi tidak dengan nervus V, VI, IX, X misalnya padahal lokasi inti nervus2 kranialis tersebut semuanya di batang otak.

Hal ini dapat dijelaskan melalui jaras supranuklear (corticobulbar) dari kedua nervus tersebut yang berdekatan di area kapsula interna; juga berdekatan dengan jaras corticospinal. Sehingga seringkali kita mendapati pasien stroke dengan klinis paresis N.VII dan NXII serta hemiparesis. Sedangkan jaras corticobulbar dari nervus kranialis lainnya tidak berdekatan dengan area tersebut.