Hubungan Infark Miokard dgn Leukositosis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Slamat malam Alomedika, adakah hubungannya kejadian Infark miokard dgn leukositosis?? Apa yg menyebabkan leukositosis pada pasien dgn Infark miokard ??

Diskusi Dokter

22 Juni 2019, 23:07
Alodoc..

Pada kasus infark miokardium, terjadi proses stres sehingga mengaktivasi terjadi respons stres akut.

Respons ini melalui sitokin pro inflamasi, yaitu IL-1, IL-6, TNF-alfa, yg dikeluarkan akan memobilisasi dan menyebabkan leukosit berkumpul pada tempat yang sedang mengalami infark tsb. Selain itu, sitokin ini akan menyebabkan juga leukosit yg beredar di dalam darah juga meningkat.

Jenis leukosit, lebih detailnya, yang mengalami peningkatan adalah neutrofil dan monosit.

Pada penelitian terlampir diketahui bahwa jumlah peningkatan leukosit berkorelasi dengan peningkatan biomarker pada infark yang berhubungan juga dengan luas nya infark miorkardium.

Selain itu, terjadi nya respons inflamasi sistemik yang dicetuskan oleh infark, ini menyebabkan penumpukan sitokin di glomerulus.

Efek selanjutnya adalah terjadi AKI, acute kidney injury, sekitar 20 persen pada pada kasus infark miokardium.

AKI ini akan memperparah fungsi kerja ginjal terutama jika memang sudah ada CKD sebelumnya akibat nefropati DM atau hipertensi, faktor risiko tersering terjadi pada pasien dengan infark miokardium.

Sumber bacaan:
Myocardial infarction causes inflammation and leukocyte recruitment at remote sites in the myocardium and in the renal glomerulus

dan

Correlation between leukocyte count and infarct size in ST segment elevation myocardial infarction
22 Juni 2019, 23:29
Setuju dengan dokter Fauzan.
22 Juni 2019, 23:27
Malam
Alodokter

Ada hubungan.

Komponen leukosit meliputi neutrofil.
Neutrofil ini jenis leukosit pertama kali yang di aktifkan setelah terjadi Infarc Myocard.
Aktifnya neutrofil ini melepaskan enzim proteolitik seperti elastase dan myeloperoksidase dengan kecenderungan terjadinya kerusakan jaringan.
Respon inflamasi ini mendorong pelepasan sitokin yang dapat mendorong beredarnya neutrofil didal aliran darah (harusnya menempel di tepi pembuluh darah) dan memacu pembentukan neutrofil lagi oleh bone marrow. Kadang masih terjadinya leukositosis ini juga sebagai penanda adanya unstable plaque.
Peningkatan leukositosis diatas 10.000 dan adanya disfunfsi ventrikel kiri daei Echocardiografi meningkatkan reaiko kematian yang lebih tinggi.
Semoga membantu.
Salam.

23 Juni 2019, 00:11
Trima kasih dokter atas penjelasannya
23 Juni 2019, 00:53
Setuju dengan dokter Fauzan.
tks banyak Dok..