Hipnoterapi pada gangguan kecemasan - Kesehatan Jiwa Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok Soeklola. Izin bertanya dok.. Bagaimana efektifitas hipnoterapi pada pasien dengan gangguan kcemasan? Dan sebagai GP, apakah kami dapat memberikan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Hipnoterapi pada gangguan kecemasan - Kesehatan Jiwa Ask The Expert

    14 Januari 2021, 11:32
    dr. Jimmy
    dr. Jimmy
    Dokter Umum

    Alo dok Soeklola.

    Izin bertanya dok.. Bagaimana efektifitas hipnoterapi pada pasien dengan gangguan kcemasan? Dan sebagai GP, apakah kami dapat memberikan hipnoterapi pada pasien? Dan berapa lama baiknya konsultasi dalam gangguan kecemasan?

14 Januari 2021, 14:07

Alo Dok

Mohon maaf, untuk sesi Ask the Expert bersama spesialis kesehatan jiwa telah berakhir di jam 10.30 WIB tadi. Berhubung pertanyaan baru masuk 1 jam setelahnya, dr. Soeklola telah offline. Saya bantu menjawab ya, dok. Kalau dari referensi yang saya baca, beberapa studi memang menyatakan bahwa hipnoterapi dapat membantu manajemen gangguan kecemasan. Namun, hasil studi-studi ini masih sangat heterogen dan inkonklusif. Jadi masih dibutuhkan uji klinis acak terkontrol berskala lebih besar untuk memastikan efektivitasnya. Ada juga studi yang menyatakan bahwa hipnoterapi lebih disarankan untuk tetap dikombinasi dengan terapi psikologis lain dan tidak digunakan sebagai monoterapi.

Berikut sumbernya:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK74851/

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31251710/

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31251710/


Jika dokter ingin membaca lebih lanjut tentang hipnoterapi, bisa juga mengunjungi salah satu link artikel kami yang juga ditulis oleh dokter spesialis jiwa:

https://www.alomedika.com/tindakan-medis/psikiatri/hipnoterapi-dan-terapi-relaksasi


 

15 Januari 2021, 10:19
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa
Alo dr.  Jimmy, Hipnoterapi sendiri pada prinsipnya dapat dikerjakan oleh siapa saja (psikiater,  GP,  psikolog,  perawat atau orang awam)  yang terlatih untuk melakukan hipnoterapi.  Untuk kecemasan sendiri termasuk salah satu ranah yang bisa dilakukan hipnoterapi selama tidak terdapat gejala psikotik saat itu dan tidak terdapat gejala gangguan jiwa berat lain yang sedang akut saat itu. Tahap kedalaman hipnoterapi sendiri berbeda-beda berdasarkan fungsinya:
1. Hipnoterapi dangkal atau rileksasi dapat dicapai di awal pertemuan,  dapat berupa latihan pernafasan, dapat meringankan gejala cemas sesaat.
2. Hipnoterapi sedang biasa digunakan untuk menanamkan sugesti tertentu.
3. Hipnoterapi dalam atau khusyuk atau meditasi ini berguna untuk menggali lebih dalam alam bawah sadar,  perubahan secara total dalam  tubuh.Perlu diingat walaupun sama-sama kasus cemas tidak semua kasus memerlukan hipnoterapi sedang hingga dalam,  beberapa kasuspun dapat terbantu dengan melakukan hipnoterapi dangkal. 
Jadi memang sifatnya individual dan per kasus,  tidak dapat disama ratakan.  Tentu dokter pun perlu menilai seberapa besar kebutuhan maupun kemampuan pasien untuk dilakukan hipnoterapi. Tidak semua pasien bisa dan cocok untuk dilakukan hipnoterapi,  memang perlu meninjau kasus per kasus. Hipnoterapi sendiri berarti memanfaatkan energi si pasien untuk mencapai sugesti yang diharapkan, sedangkan terapis hanya bersifat fasilitator (sehingga hasil akhirnya berupa self hipnosis).  Jadi tentu perlu ada kesepakatan bahwa pasien nya bisa,  mau dan komitmen melakukan dan berlatih. Mengenai lama waktu konsultasi yang dibutuhkan sangat bervariatif tergantung kasus yang dihadapi,  umumnya 1 sesi berdurasi 1-2 jam. Semoga membantu.