Faktor Penyebab Hasil Anti Sars Cov2 Kuantitatif Pasca Vaksinasi Non Reaktif - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya. Seorang wanita 38 tahun, tidak ada riwayat sakit apapun sudah mendapatkan 2 dosis pemberian vaksin pada bulan Juni lalu. Saat ini...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Faktor Penyebab Hasil Anti Sars Cov2 Kuantitatif Pasca Vaksinasi Non Reaktif

    01 November 2021, 14:21
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, izin bertanya. Seorang wanita 38 tahun, tidak ada riwayat sakit apapun sudah mendapatkan 2 dosis pemberian vaksin pada bulan Juni lalu. Saat ini melakukan pemeriksaan anti sars cov2 kuantitatif tetapi hasil ditemukan non reaktif. Untuk hal ini, izin bertanya faktor apa saja yang bisa mempengaruhi seseorang tidak terbentuk antibodi pasca vaksinasi? Terima kasih.

01 November 2021, 15:26

Alo dokter, izin bantu menjawab dan ikut berdiskusi ya dok.. terkait pemeriksaan antibodi kuantitatif pasca vaksin COVID-19 sendiri sebenarnya masih belum sepenuhnya direkomendasikan. Hal ini dikarenakan belum adanya standarisasi  tentang target antibodi yang protektif dan belum ada konsensus mengenai durasi sirkulasi antibodi. Selain itu kendalanya pemeriksaan antibodi yang ada saat ini tidak didesain untuk menilai antibodi yang ada dari vaksin, melainkan dari penyakit, sehingga sensitivitas dan spesifisitasnya juga mempengaruhi.

Selain itu, keterbatasan guideline belum dapat menentukan apakah tes antibodi yang negatif menandakan bahwa pasien tidak mengembangkan respon imun terhadap vaksin, atau antibodi yang digunakan tidak memeriksa jenis antibodi yang tepat, atau dapat juga menjadi negatif palsu.

Berikut ini referensi selengkapnya dari Alomedika mengenai pemeriksaan antibodi: https://www.alomedika.com/pemeriksaan-antibodi-setelah-vaksinasi-covid19-tidak-diperlukan

Turut menyimak juga diskusi TS lainnya jika ada update lebih lanjut, CMIIW terima kasih.