efektivitas ISDN challenge untuk kasus curiga angina tidak stabil? - Diskusi Dokter

general_alomedika

selamat pagi dok.minta tolong sharing ilmunya.apakah di tempat TS bertugas masih relevan pemberian ISDN challenge untuk kasus curiga angina tidak stabil...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • efektivitas ISDN challenge untuk kasus curiga angina tidak stabil?

    31 Agustus 2018, 11:09

    selamat pagi dok.


    minta tolong sharing ilmunya.

    apakah di tempat TS bertugas masih relevan pemberian ISDN challenge untuk kasus curiga angina tidak stabil dengan gejala nyeri ulu hati tapi belum tersedia alat EKG?

    apakah prosedur demikian masih dipergunakan?

    trimakasih

31 Agustus 2018, 11:19
selamat pagi Dok, jika di tempat yang memang kurang lengkap fasilitasnya ya Dok, jika klinisnya mengarah ke SKA dan selama tidak ada kontraindikasi nya Dok masih dilakukan Dok, tentu dengan monitor Dok akan dilakukan rujukan Dokter, CMIIW
31 Agustus 2018, 11:23

Alo dokter Jeffry!

Yang terbaik pada pasien dengan nyeri dada memang kita lakukan EKG dan periksa enzim jantung yaa, dok.. Namun, apabila memang tidak memungkinkan sekali, sebaiknya pasien pikirkan diagnosis banding dari anamnesis dan pemeriksaan fisiknya mengarah kemana. Perlu diingat bahwa nitrat tidak spesifik untuk otot jantung, tapi juga merelaksasi otot polos lain sehingga tidak bermanfaat untuk membedakan kausal kardiak dengan non-kardiak.

Dokter sebaiknya assess lebih lanjut mulai dari ada/tidak faktor risiko, dan hasil pemeriksaan fisiknya.

Saran saya, sebaiknya di faskes dilakukan pengadaan dok, karena EKG sangat penting bagi faskes-faskes yang melayani kegawatdaruratan. Mortalitas karena penyakit kardiovaskular sangat tinggi, dan untuk dapat menyediakan pelayanan terbaik tentunya kita butuh sarana-prasarana yang menunjang.

31 Agustus 2018, 11:25

Alo Dok, 

Untuk suspect unstable angina, ditempat saya bertugas dulu juga masih digunakan Dok untuk mengurangi nyeri iskemiknya, dengan terapi awal tablet sublingual dan juga aspirin dan beta bloker dan dilanjutkan dengan terapi IV nitro selama 24 jam (dengan pengawasan untuk efek hipotensinya)

Dari literatur yang saya baca, perlu juga diingat kalau terapi ntrate tidak mengurangi insidensi kejadian MI atau perlunya tindakan revaskularisasi lainnya, juga bahwa rekurensi kejadian nyeri dada juga kerap terjadi dengan pasien yagn diberikan nitrogliserin IV.

Mungkin TS yang lain dapat menambahkan bagaimana praktik di masing-masing tempat kerja. terima kasih

31 Agustus 2018, 11:30
Willy
Willy
Dokter Umum

ALO dr Jeffry!

 

Setuju dengan dokter Merry dan dokter Qintha. Kasus ini cukup sulit karena mengandalkan kemampuan klinis kita tanpa pemeriksaan penunjang. Saya sendiri belum pernah mendengar mengenai ISDN challenge. Cuma bila memang terdapat nyeri dada yang khas seperti tertekan, menjalar ke leher dan lengan kiri, disertai dengan perubahan hemodinamik, seperti keringat dingin atau perubahan tanda vital, saya setuju untuk ditatalaksana sebagai sindrom koroner akut, yang tidak hanya diberikan nitrat dok. Tetapi tetap memperhatikan kontraindikasi dari masing-masing obat yang kita berikan. Selanjutnya minta pengadaan terhadap alat EKG tersebut dok, karena saya rasa alat tersebut merupakan alat penunjang dasar yang perlu dimiliki oleh fasilitas kesehatan. Semoga membantu dok. 

31 Agustus 2018, 11:31
dr. William
dr. William
Dokter Umum

Benar dok! Saat tidak ada EKG maupun pemeriksaan laboratorium untuk mendiagnosa sindrom koroner akut yang dapat dilakukan, yang dapat kita lakukan hanya mengandalkan anamnesis dan pemeriksaan fisik dan pertimbangan klinis dokter saja. Jika menurut dokter kasus tersebut mengarah ke sindrom koroner akut, maka dapat langsung Anda tangani sebagai SKA dok..

31 Agustus 2018, 18:58
Setuju dengan jawaban Dokter lainnya ya, Dok. Karena pada angina unstable/IMA kadang juga tidak berkurang dengan isdn sublingual. Hati2 juga memberikannya, perhatikan tensi, nadi, kalau hipotensi atau bradikardi dengan nyeri dada tipikal kemungkinan ada keterlibatan ventrikel kanan yang merupakan kontraindikasi pemberian nitrate. Sebaiknya lebih menangandalkan klinis dan anamnesis faktor resiko.