Efektivitas hyaluronic acid untuk osteoarthritis - Ortopedi Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Hendra, Sp.OTSaya ingin bertanya, Dok. Saat ini cukup banyak pasien menerima injeksi hyaluronic acid ataupun suplementasi oral hyaluronic acid untuk...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Efektivitas hyaluronic acid untuk osteoarthritis - Ortopedi Ask The Expert

    10 Juni 2021, 13:18

    Alo dr. Hendra, Sp.OT

    Saya ingin bertanya, Dok. Saat ini cukup banyak pasien menerima injeksi hyaluronic acid ataupun suplementasi oral hyaluronic acid untuk tata laksana osteoarthritis yang dialami. Bagaimanakah efektivitas kedua sediaan hyaluronic acid ini dok? Apakah keduanya sudah terbukti bermanfaat untuk OA dan sediaan manakah yang lebih dianjurkan? Apakah ada efek samping tertentu yang mungkin timbul? Terima kasih Dok.

10 Juni 2021, 13:33
untuk injeksi hyaluronic acid sudah terbukti pada beberapa penelitian didapatkan hasil yang baik untuk treatment OA sampai grade 1-2. bagaiamanapun efek bersifat sementara dan beelaku pada oa yang grade rendah serta pasien non obese.
untuk sediaan iral juga bermanfaat pada relieving pain pasien OA, namun biasanya efek analgesi didapatkan tdak secara langsung.
efek sampung untuk injeksi tidak teelalu banyak, berbeda jika kita menggunakan steroid injection. efek sampung yg mungkin timbuk banyak berhubungan dengan teknik, misalnya infeksi oada prinsip asepsis yg kurang baik, kemudian nyeri/ pain pasca penyuntikan dan saat oenyuntikan