Efek samping vaksin Covid-19 astrazeneca hari ke 4 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, saya memiliki karyawan yang vaksin Astrazeneca hari senin. Namun pada hari Rabu muncul keluhan pusing, otot nyeri, pegal, demam, 38-39 sampai...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Efek samping vaksin Covid-19 astrazeneca hari ke 4

    18 Juni 2021, 16:20
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, saya memiliki karyawan yang vaksin Astrazeneca hari senin. Namun pada hari Rabu muncul keluhan pusing, otot nyeri, pegal, demam, 38-39 sampai sekarang di hari Jumat. Pasien sudah minum obat sumagesic namun belum ada perubahan untuk keluhan. Mohon advice dari TS.

18 Juni 2021, 16:33

Selamat sore Dokter, jika merujuk pada beberapa source yang akan dilampirkan berikut ini, setelah dilakukan penyuntikan vaksin Astrazeneca, bisa muncul beberapa keluhan, seperti demam, menggigil, lelah, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, atau bengkak, kemerahan, dan nyeri di area penyuntikan. Efek samping yang cukup jarang terjadi, seperti bengkaknya kelenjar getah bening, pusing, nafsu makan turun, atau sakit perut. 

Umumnya efek samping tersebut tidak berlangsung lama dan akan mereda dalam waktu 1-2 hari. Jika demam juga boleh dianjurkan untuk mengonsumsi ibuprofen atau paracetamol.  Mungkin IMHO juga bisa dianjurkan untuk istirahat total terlebih dahulu Dokter. 

Jika memang keluhan memberat atau tidak kunjung membaik, mungkin boleh dilakukan pemeriksaan ke faskes terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan dan penanganan Dokter. 

Mungkin ada TS lain yang boleh berbagi atau ada update terkait efek samping dan penanganan untuk efek samping vaksin Astrazeneca Dokter.

CMIIW

covid-19-vaccination-after-your-astrazeneca-vaccine-covid-19-vaccination-after-your-covid-19-astrazeneca-vaccination.pdf
18 Juni 2021, 16:51
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Baik terimakasih banyak dr
18 Juni 2021, 16:34
dr. Ikrimah Nisa Utami, Sp.PD
dr. Ikrimah Nisa Utami, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Pasiennya usia berapa, dok?
Coba periksakan Darah Perifer Lengkap dan D-dimer, PT APTT, dan Fibrinogen  jika memungkinkan. Kejadian Koagulopati pada Vaksin AZ sebenarnya blm ada bukti, dan kejadiannya yg ditengarai sebagai Koagulopati pada AZ pun secara statistik tidak bermakna. Namun ada baiknya kita periksa profil darahnya dulu saja untuk menyingkirkan kecurigaan ini.
Sementara anjurkan untuk asupan cairan yang cukup dulu, dokter.
18 Juni 2021, 16:52
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Usia 35 tahun dokter.  Baik dokter terimakasih banyak advice nya..