Efek kafein untuk pasien dengan gangguan kecemasan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi, dr. Soeklola, Sp.KJIzin bertanya, Dok, apakah untuk pasien-pasien yang memiliki gangguan kecemasan masih aman untuk mengonsumsi kopi (minuman...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Efek kafein untuk pasien dengan gangguan kecemasan

    10 Desember 2020, 10:27
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat pagi, dr. Soeklola, Sp.KJ

    Izin bertanya, Dok, apakah untuk pasien-pasien yang memiliki gangguan kecemasan masih aman untuk mengonsumsi kopi (minuman berkafein) secara rutin tiap hari? Saya pernah membaca kalau kafein berefek sebagai psikostimulan dan anxiogenik melalui efek antagonis non-kompetitif reseptor adenosin dan juga kemampuannya dalam berinteraksi dengan reseptor dopamin. 

    Apakah ada literatur yagn terbaru mengenai hal ini, Dok? dan apakah untuk sementara cukup aman untuk mengedukasi pasien apabila dalam konsumsi yang wajar, kafein masih diperbolehkan bagi pasien dengan gangguan kecemasan berlebih atau sebaiknya kita edukasi untuk menghindari kafein?

    Terima kasih banyak, Dok.

     

10 Desember 2020, 10:35
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa

Alo dok,

Memang diketahui kafein merupakan salah satu stimulan yang dapat tersedia alami di beberapa minuman seperti kopi, teh, dan coklat.

Hingga saat ini belum terdapat guideline yang menuliskan pembatasan kafien pada orang dengan gangguan cemas (sehingga saya tidak dapat memberikan lituratur yang diminta, tetapi jika dokter memilikinya kita bisa diskusikan.)

Di sisi lain, perlu diamati jenis gangguan cemas yang dialami. Beberapa gangguan cemas misalnya serangan panik, tidak selalu timbul setiap saat. Minuman dan makanan berkafein bisa saja meningkatkan asam lambung dan di salah kenali sebagai sesak napas atau nyeri dada. Hal ini yang perlu diedukasi pada pasien, jika mengalaminya. Bantu pasien kenali situasi yang mencetuskan gejala cemasnya.

Semoga membantu