Bagaimana protokol monitoring pada dyslipidemia dan hiperuricemia - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo docs izin konsul nih sebenarnya idealnya pasien cek ulang asam urat dan profil lipid itu setelah berapa lama terapi ya? Di praktekan sering menjumpai...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bagaimana protokol monitoring pada dyslipidemia dan hiperuricemia

    19 Oktober 2018, 16:28

    Alo docs izin konsul nih sebenarnya idealnya pasien cek ulang asam urat dan profil lipid itu setelah berapa lama terapi ya? Di praktekan sering menjumpai berbeda2 tiap dokter.. Apakah ada guideline idealnya? Karena sampai sebelum cek ulang itu pasien kan masih meminum obat tiap hari.. Trmksh dok

19 Oktober 2018, 17:20

selamat sore Dok, saya juga belum mendapat guideline idealnya Dok untuk waktu yang tepat dalam evaluasi profil Lipid terlebih setelah pasien mendapat pengobatan rutin, namun pada https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3751280/ disebutkan Profil lipid seharusnya di cek dalam 6-8 minggu setelah terapi inisial dan setelah dilakukan penggantian terapi (termasuk perubahan dosis atauperencanaan penggunaan terapi kombinasi).

untuk pasien hipeurisemia sendiri pada https://www.rheumatology.org/Portals/0/Files/Gout_Part_1_ACR-12.pdf juga tidak disebutkan waktu idealnya Dok, namun disebutkan sebaiknya dilakukan secara rutin.

CMIIW

19 Oktober 2018, 18:12

Halo dok, cuma mau menambahkan sedikit saja dari informasi dr. Merry.

 

Ini dari uptodate:

  1. Mengenai pemeriksaan kolesterol ulang, dilakukan 6-8 minggu setelah inisiasi terapi atau setelah pergantian dosis (misalnya kalo setelah 6-8 minggu, target ga tercapai, berarti harus ganti dosis, jadi diperiksa lagi 6-8 minggu kemudian) dan setelah target tercapai, pasien menjalankan modifikasi gaya hidup dengan baik, pemeriksaan bisa diulang setiap 6-12 bulan.
  2. Mengenai pemeriksaan asam urat ulang, dilakukan setiap 2-4 minggu setelah penyesuaian dosis sampe target tercapai, konfirmasi 3 bulan kemudian, kalau setelah 3 bulan tetap bagus asam uratnya bisa diperiksa setiap 6 bulan untuk 1 tahun, setelahnya bisa periksa setiap 1 tahun saja (kecuali pasien dapat obat tertentu atau terdapat perubahan gaya hidup tertentu yang berpotensi mengganggu asam urat).

 

Sekian dok, CMIIW

 

20 Oktober 2018, 10:51
Wah trmksh sharing ilmunya dr.merry dan dr.cecilia.. 😊