Diare pada Neonatus setelah fototerapi Jaundice - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, selamat sore. izin buka diskusi Sy pernah mendapati pasien di FKTL dlu, bbrp bayi rentang umur  48 jam-10 hari mengalami vomitus dan gejala...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Diare pada Neonatus setelah fototerapi Jaundice

    21 Maret 2019, 13:59

    Alo dokter, selamat sore. izin buka diskusi

    Sy pernah mendapati pasien di FKTL dlu, bbrp bayi rentang umur  48 jam-10 hari mengalami vomitus dan gejala diare, apakah dd dgn et causa yang paling memungkinkan?

    Bisakah riwayat jaundice terutama berhubungan dengan inkompabilitas ABO goldarnya bisa meningkatkan gejala diare ini dok? 

    Terimakasih sebelumnya.

21 Maret 2019, 14:03

Untuk Dx yang tepat kira-kira apa ya dok?

21 Maret 2019, 16:01
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Alo dr. Adi. Kalau yang saya temukan sih, bukan jaundice tetapi phototherapy yang diasosiasikan dengan efek samping jangka pendek berupa diare.

https://www.aafp.org/afp/2014/0601/p873.html#afp20140601p873-b5

Kalau tentunya ga bisa ditentukan secara general apa penyebab dari diare pada neonatus ya.. Penyebab utama diare pada bayi dan anak adalah virus, terutama rotavirus. Akan tetapi juga perlu digali kemungkinan penyebab lainnya, baik yang infeksius maupun noninfeksius.