Pasien bayi usia 23 bulan dengan diare dan kulit sekitar anus merah - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, saya ada kasus anak perempuan 23 bulan dikonsultasikan secara online oleh ibunya dengan keluhan diare sejak 4 hari yang lalu. Diare sempat membaik...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien bayi usia 23 bulan dengan diare dan kulit sekitar anus merah

    28 November 2021, 09:37

    Alodokter, saya ada kasus anak perempuan 23 bulan dikonsultasikan secara online oleh ibunya dengan keluhan diare sejak 4 hari yang lalu. Diare sempat membaik dengan probiotik dan obat diare sirup namun kemudian kembali parah namun tidak sampai membuat anak menjadi lemas dan mau tidur terus, Anak masih ceria namun agak sedikit tampak lebih lemas dari biasanya. Diare disertai dengan warna kulit di sekitar anus menjadi merah seperti di gambar. Keluhan seperti demam bab disertai dengan darah atau lendir disangkal. Bayi lahir cukup bulan, riwayat alergi pada bayi maupun keluarga disangkal. Tidak ada ganti susu dalam 1 minggu terakhir, sejak awal pakai susu formula yg mengandung sapi dan sejak 1 tahun kadang konsumsi susu sapi uht (merk sama).


    Apa lagi yang perlu digali, Apakah diagnosis yg tepat? Apakah onset alergi susu sapi dapat terjadi pada 23 bulan? Apakah perlu ganti susu?

    Btk Coll.

28 November 2021, 10:48
Alo dokter, mohon ijin selain pertimbangkan kemungkinan alergi susu sapi, bisa dipertimbangkan juga digali gejala2 yg mengarah kpd cacingan/ascariasis pada anak tersebut.selain gatal pada pantat/ tdur gelisah, kebersihan kuku dan kebiasaan menghisap tangan, juga kenaikan berat badan yg seret. Mungkin dapat dipertimbangkan cek FL juga utk melihat apakah ada perdarahan samar utk alergi susu sapi maupun kista/telur cacing. Terima kasih.
28 November 2021, 13:50
Terimakasih tanggapannya 🙏