Diagnosis dan tata laksana keluhan post-nasal drip - THT Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, dr. Yonian, Sp.THT-KLSaya ingin bertanya, Dok. Bila ada pasien dewasa yang mengeluh sering merasa ada post-nasal drip tetapi tidak memiliki keluhan lain...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Diagnosis dan tata laksana keluhan post-nasal drip - THT Ask the Expert

    02 Agustus 2021, 10:43

    Alo, dr. Yonian, Sp.THT-KL

    Saya ingin bertanya, Dok. Bila ada pasien dewasa yang mengeluh sering merasa ada post-nasal drip tetapi tidak memiliki keluhan lain (tidak ada pilek, tidak ada nyeri pada area wajah, tidak ada hidung tersumbat maupun runny nose) kira-kira bagaimana approach diagnosis dan tata laksana yang perlu dilakukan ya Dok? Terima kasih.

02 Agustus 2021, 12:13

Alo dr Irene,

 

Post nasal drip merupakan gejala dari berbagai penyakit, seperti rinosinusitis, rinitis alergi atau laryngopharyngeal refluks (LPR). Jika tidak ada gejala yang mengarah pada diagnosis rinosinusitis (hidung tersumbat, nyeri area wajah, atau anosmia) atau rinitis alergi ( gatal hidung, bersin-bersin, hidung tersumbat dan meler), kemungkinan post nasal drip merupakan gejala dari LPR.

 

Dokter dapat mempertajam anamnesa dengan menanyakan RSI (refluks symptoms index) /gejala yg berhubungan dengan LPR seperti : rasa ganjal di tenggorok (globus), sering berdeham, suara serak, gangguan menelan, sesak napas/rasa seperti tercekik, terdapat batuk yang mengganggu, batuk yg timbul saat berbaring/setelah makan, nyeri ulu hati/heart burn. Pasien diminta utk memberi skor tingkat keparahan pada tiap gejala tsb (0-5). Jika skor lebih dari 13 kemungkinan penyebab dari post nasal drip pasien tersebut berasal dari refluks cairan lambung/LPR.



dr. Yonian Gentilis Kusumasmara, Sp.THT-KL berpraktik di Rumah Sakit Eka Bekasi