Demam Tidak kunjung turun pada anak setelah pemberian penurun panas - Anak Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dr. Mulya Rahma Karyanti, Sp.A(K), M.ScSelamata Siang Dok, saya ijin bertanya dok, jika deman pada anak tidak kunjung turun setelah pemberian obat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Demam Tidak kunjung turun pada anak setelah pemberian penurun panas - Anak Ask The Expert

    30 September 2021, 14:09
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo Dr. Mulya Rahma Karyanti, Sp.A(K), M.Sc

    Selamata Siang Dok, saya ijin bertanya dok, jika deman pada anak tidak kunjung turun setelah pemberian obat penurun panas, step berikut nya apa yang sebaiknya dilakukan di pelayanan primer? Apakah setiap pasien datang dengan deman dibutuhkan pemeriksaan darah lengkap, untuk memastikan penyebab demam tersebut? 

     

    terima kasih 

30 September 2021, 14:34

Jika demam pada anak di layanan primer tidak turun-turun, evaluasi kembali beberapa hal berikut:

1.apakah dosis antipiretik yangdiberikan sudah benar?Seringkali diberi dosis obat waktu bayi, jadi koreksi dosis obat maksimal 20mg/kgBB dilajutkan 10-15 mg/kgBB dg interval pemberian 4-6 jam.

2. beri minum sesering mungkin dg cairan yang mengandung nutrisi lengkap (ASI, susu formula), jus buah, cairan elektrolit dll yang disukai anak.

3. bantu kompres dengan air hangat pada daerah pebuluh darah besar spt lipat aksila dan lipat inguinal selama 15-30 menit, diharapka panas keluar melalui pori-pori kulit.

4. tenangkan orangtua/pengasuh agar tidak panik karena demam merupakan reaksi tubuh menghadapi musuk bakteri, virs atau jamur dan bahkan aktivitas yang meningkat seperti olah raga dapat menaikkan suhu tubuh.

5. anak tidak ditutup baju berlapis-lapis. Jadi cukup gunakan pakaian yg tipis dan lengan pendek.

6. jika demam tidak membaik 2-3 hari maka sebaiknya diperiksa ke dokter dan akan dianjurkan periksa darah jika ada indikasi.

6. Jika ada kegawatan apapun segera bawa ke RS, seperti kejang, penurunan kesadaran, sesak nafas, perdaraham dll.

30 September 2021, 14:40

Pasien dengan demam tidak semua perlu pemeriksaan darah. jika demam lebih dari 2-3 hari dan dari anamnesis dan PF dicurigai infeksi dengue atau infeksi bakteri maka sebaiknya diperiksa DPL, hitung jenis.

Pada pemeriksaan fisis daat dilakukan pemeriksaan tes tourniquet dulu, jika hasilnya timbul petekie maka saran periksa darah perifer lengkap, hitung jenis dan antigen NS1 dengue.