demam disertai ruam kulit - Diskusi Dokter

general_alomedika

halo TS sy ingin menanyakan mengenai kasus pasien anak demam, setelah demam turun kemudian muncul ruam kulit di bibir, tangan dan kaki. hanya saja ruam kulit...

Diskusi Dokter

  • demam disertai ruam kulit

  • halo TS sy ingin menanyakan mengenai kasus pasien anak demam, setelah demam turun kemudian muncul ruam kulit di bibir, tangan dan kaki. hanya saja ruam kulit sangat parah. bagaimana saran TS mengenai diagnosisnya?apakah flu singapura/HFMD dapat sampai separah ini?

    halo. kalau lihat gejalanya siy bisa saja memang hfmd. ruam exanthemanya bs sejelas ini bahkan sampai ke bokong tp umumnya sparing untuk wilayah perut ya untuk membedakan dgn viral infection lain. biasa ada ruam enanthema seperti sariawan di dalam mulutnya. klinis bagaimana? selama anak tidak panas dan aktif2 saja sebenarnya cukup observasi saja sementara

    Halo dok..

    Beberapa minggu lalu saya mendapat kasus yang sama yang kemudian saya rujuk untuk second opinion dan disimpulkan HFMD.

    Jadi HFMD memang bisa timbul dalam bentuk atipikal. Yaitu, bentukan yang tidak terbatas pada vesikel, papul, dan erosi saja. Bisa sampai dalam bentuk skuama dan krusta dok.. Predileksinya juga bisa lebih luas dibandingkan HFMD yang klasik.

    Cara membedakannya sebetulnya pakai ELISA atau RT PCR, tapi kan mahal yaa.. Jadi kalau di Indonesia mungkin dari anamnesis bisa digali riwayat kontak dengan penderita HFMD lainnya, teman atau saudara dengan keluhan yang sama, dst.

    Untuk membedakan lesi kulit HFMD yang atipikal agak sulit karena memang dia sangat umum dan mirip dengan banyak penyakit kulit lain. Makanya HFMD atipikal itu kadang disebut diagnosis mimicker. Kalau pendapat pribadi saya sih... kalo anamnesis mendukung, kemudian lesi kulit melibatkan telapak tangan, kaki, dan mukosa oral, itu sudah bisa didiagnosis HFMD dok.

     

    Semoga membantu yaa... kalau butuh info lebih lanjut, bisa search banyak laporan kasus dengan keyword 'Atypical HFMD'.

    Cheers!

    waah terimakasih banyak dokter-dokter atas jawabannya. sangat membantu.