Demam 39-40 derajat selama 3 hari - Anak Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang Dr. Theresia, Sp. AIzin bertanyaAnak perempuan usia 2 tahun mengalami demam suhu 39-40 derajat C. Diberi parasetamol sirup setiap 4 jam demam...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Demam 39-40 derajat selama 3 hari - Anak Ask the Expert

    07 Desember 2021, 12:30

    Selamat siang Dr. Theresia, Sp. A

    Izin bertanya

    Anak perempuan usia 2 tahun mengalami demam suhu 39-40 derajat C. Diberi parasetamol sirup setiap 4 jam demam masih 39, dilakukan pemeriksaan darah rutin hasilnya dalam batas normal, anak rewel, batuk pilek tidak ada, tidak ditemukan bintik2 pada tangan kaki atau sariawan juga tidak ada.

    Berobat di dokter umum diberikan parasetamol sirup, dan juga sirup yang berisi ctm dan dexametason juga masih belum turun, akhirnya dibawa ke Sp. A, diberi isosuprine sirup dan parasetamol, sekali minum demam turun menjadi 38, dan setelah 2 kali minum suhu normal.

    Faktor apa saja yang dapat mempengaruhi hal tersebut, mohon penjelasannya dok🙏

07 Desember 2021, 12:49
dr.Theresia Santi SpA
dr.Theresia Santi SpA
Dokter Spesialis Anak

Alo dr Nurul. Demam tinggi memang banyak terjadi pada anak 2 tahun, penyebabnya karena thermoset di hipotalamus yang bekerja meningkatkan suhu tubuh karena penyebab tertentu. Penyebabnya terbanyak infeksi virus, juga bakteri, atau penyebab non infeksi yang lebih jarang seperti malignancy atau autoimun. Nah, jika menemui anak dengan demam yang seakan-akan "membandel" seperti ini, pastikan dulu dosis obat antipiretik yang diberikan sudah benar (15mg/kg/x). Jika sudah benar, pastikan lagi hidrasi anak cukup, yaitu dengan kebutuhan cairan maintenance 100ml/kg/hari, ditambah 10% per 1 derajat kenaikan suhu. Jika sudah dipastikan semua benar, bantu turunkan demammya dengan kompres hangat (surface cooling) seluruh tubuh. Jangan lupa atasi faktor penyebabnya.

Demikian, smg manfaat. 

07 Desember 2021, 12:59
Baik, terimakasih Dr. Theresia, Sp. ASangat membantu sekali jawabannya