Dampak negatif pada anak 1 tahun 8 bulan yang sering begadang dan cara mengatasinya - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter! Ijin share pertanyaan pasien, anaknya usia 1 tahun 8 bulan sering begadang dok, tidur malam bisa 1 atau 2 subuh, dan terbangun lagi jam 6-8 pagi....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Dampak negatif pada anak 1 tahun 8 bulan yang sering begadang dan cara mengatasinya

    15 Oktober 2019, 17:56

    Alodokter! 


    Ijin share pertanyaan pasien, anaknya usia 1 tahun 8 bulan sering begadang dok, tidur malam bisa 1 atau 2 subuh, dan terbangun lagi jam 6-8 pagi. Keluhan ini terjadi hampir tiap hari sejak usia anak mulai 1,5 tahun. Anak biasanya sempat tidur siang sekitar 1-2 jam. Tidak ada masalah kesehatan serius yang ada pada anak saat ini. Anak masih aktif bermain, makan dan minum tidak terganggu, pertumbuhan dan perkembangan sesuai usia. 


    Saya sempat membaca bahwa tidur penting untuk menjaga plastisitas otak anak. Yang ingin saya tanyakan, apakah jika anak kurang tidur seperti kasus di atas, perkembangan otak anak akan terganggu dok? 

    Lalu adakah tips-tips yang bermanfaat untuk mengatasi anak yang sering begadang? 


    Mungkin ada dokter yang memiliki pengalaman dengan pasien serupa, mohon sharingnya dokter 🙏

15 Oktober 2019, 18:44
Jadi sehari total tidur berapa jam dok?
Apakah tiap hari seperti itu?
15 Oktober 2019, 19:05
Sekitar 5-6 jam saja untuk tidur malamnya dokter, tp kalau ditambah tidur siangnya bisa 6-7 jam sehari. Hampir tiap hari dokter, tapi kadang sempat 1 hari tidak seperti itu setelah anak diberikan baby spa. 🙏
15 Oktober 2019, 20:09
Selamat malam dok,

Jika dikalkulasikan maka rentang tidur harian pada anak ini yaitu 6-7 jam ya dok?

Menurut sumber - https://www.sleepfoundation.org/press-release/national-sleep-foundation-recommends-new-sleep-times - rekomendasi kebutuhan tidur yang baik pada usia 1-2 tahun yaitu 11 sampai 14 jam, dan tidak direkomendasikan apabila tidur dibawah 9 jam per hari.

Dalam tahapan tumbuh-kembang anak bisa terjadi gangguan tidur karena merupakah salah satu penyesuaian terhadap tubuh dan pikiran. Namun, ada beberapa hal juga yang dapat menyebabkan gangguan tidur pada usia anak, misalkan perubahan/gangguan dari lingkungan tempat tidur anak, perubahan drastis terhadap rutinitas harian maupun kondisi seperti sleep apnea, night terrors, sleep walking dan restless leg syndrome.

Dari beberapa kemungkinan tersebut mungkin bisa digali kembali dari anamnesis dok terutama pada faktor lingkungan dan keseharian anak, sehingga dapat diberikan edukasi yang tepat pada orangtua mengenai pentingnya mencukupi kebutuhan tidur anak untuk menjaga fungsi otak. Apabila masih berkelanjutan dan cenderung membahayakan bagi kesehatan anak kedepannya, baiknya bisa dirujuk ke DSA, dok. 

Berikut rujukan artikel mengenai gangguan tidur/sleep disorder pada anak https://www.healthline.com/health/parenting/sleep-disorders-in-children#symptoms
15 Oktober 2019, 21:03
Trimakasih atas sumber dan ilmunya dokter 🙏
Akan saya coba KIE kembali nanti, 🙏