Pembiayaan pemeriksaan COVID-19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Saya mau tanya apabila ada orang yang merasakan gejala gejala cukup serius dan ingin melakukan pemeriksaan kondisinya ke faskes (Puskesmas, RS/RS Rujukan)...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pembiayaan pemeriksaan COVID-19

    29 Maret 2020, 08:58
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Spesialis Anak

    Saya mau tanya apabila ada orang yang merasakan gejala gejala cukup serius dan ingin melakukan pemeriksaan kondisinya ke faskes (Puskesmas, RS/RS Rujukan) itu untuk pembiayaan nya bagaimana ya dok?


    Apakah benar tidak di cover BPJS dan ditanggung negara? Atau itu hanya berlaku untuk pasien positif? Seperti apa ya dok? Mohon penjelasannya

29 Maret 2020, 09:09

Alo, Dokter.

Sepemahaman saya untuk biayanya memang ditanggung negara dok namun itu berlaku untuk yang ODP/PDP. Kalau sekadar skrining pada orang yang bukan ODP/PDP beberapa laboratorium dengan biosafety level 2 di Indonesia ini membuka tes berbayar (namun info nya sudah penuh s.d akhir april 2020 dan memang pemeriksaan seperti ini diprioritaskan untuk ODP/PDP).

Kalau untuk BPJS sendiri, sebenarnya menurut Perpres No. 82/2018, BPJS tidak menanggung pembiayaan akibat bencana atau kejadian luar biasa/wabah, sehingga pembiayaannya ditanggung oleh negara. namun, saya juga belum dapat memastikan apakah ada info terbaru atau tidak dok.

Terkait alur pemeriksaan rapid test di jakarta, berikut sumber yang bisa saya lampirkan, Dok..


Mungkin dari dokter-dokter lain ada info terbaru?

29 Maret 2020, 18:16
Anonymous
Anonymous
Dokter Spesialis Anak
Pada tanggal 27/03/20 saya bertanya kepada petugas terkait pembiayaan yang ODP atau PDP ditanggung oleh pemerintah. Tetapi petugas itu malah mengatakan bahwa SK nya belum turun jadi biaya harus ditanggung mandiri. Itu gimana? Atau mungkin ada prosedur apa yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keringanan pembiayaan? Karena pasti mahal biayanya. Dan apakah peraturan tersebut sudah bisa diterapkan kalau ditanggung pemerintah?
29 Maret 2020, 13:29
Terima kasih informasinya dokk 
29 Maret 2020, 18:08
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
Dokter Spesialis Ortopedi
Di buku ungu, rev 4 ada dok penjelasan tentang pembiayaannya ๐Ÿ™๐Ÿ˜Š
04 April 2020, 22:37
dr. Kana Wulung A.I.P Sp.P
dr. Kana Wulung A.I.P Sp.P
Dokter Spesialis Paru
๐Ÿ‘