Cek Laboratorium untuk Pembekuan Darah sebelum Vaksin Astrazeneka - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dok Tolong info untuk Cek Lab Darah Spesifik Utk Pencegahan Sebelum Vaksin Astrazeneca, soalnya ada info yg beredar jika vaksin ini ada kemungkinan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Cek Laboratorium untuk Pembekuan Darah sebelum Vaksin Astrazeneka

    17 Mei 2021, 21:30
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Dok Tolong info untuk Cek Lab Darah Spesifik Utk Pencegahan Sebelum Vaksin Astrazeneca, soalnya ada info yg beredar jika vaksin ini ada kemungkinan menyebabkan pembekuan darah dan Ada pasien datang ke faskes ingin menyanakan mengenai lab. apa saja yg diperlukan sebelum dia vaksin astrazeneka karena sebelumnya pasiem ada planing utk donor darah tp di tolak dr Tempat donornya karena ada dia ada masalah pembekuan darah saat donor. OS Tidak ada riw. penyakit berkaitan pembekuan darah sblm donor dan keluarga juga tidak ada. OS Laki2 umur 23 Th

18 Mei 2021, 09:57

ALO, Dokter!


Setahu saya sampai saat ini, pemeriksaan cek lab darah tidak termasuk sebagai syarat skrining vaksin Astrazeneca, Dok. Untuk kriteria layak vaksin sendiri, pada skrining vaksin Aztrazeneca terdapat poin tentang riwayat pengobatan pembekuan darah, dengan keterangan vaksinasi akan ditunda dan calon penerima akan dirujuk apabila sedang dalam pengobatan pembekuan darah.


Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) tidak merekomendasikan untuk menambahkan syarat pemberian vaksin yang sudah ada. 

https://www.papdi.or.id/berita/info-papdi/1036-rekomendasi-papdi-tentang-pemberian-vaksinasi-covid-19-astrazeneca

Vaksinasi ini dinilai lebih besar manfaatnya daripada efek sampingnya, termasuk pada orang dengan riwayat trombosis atau yang mengonsumsi antiplatelet.


Namun, perlu dilakukan edukasi kepada penerima vaksin agar dapat segera berkonsultasi ke faskes terdekat apabila terjadi KIPI, seperti sesak napas, nyeri kepala, lebam, atau gangguan penglihatan.

18 Mei 2021, 14:57
Alo Dokter,
Setuju dok, memang utk vaksin Astra Zeneca ini ada kemungkinan menyebabkan bekuan darah sehingga ditangguhkan sementara di beberapa negara Eropa. Namun, EUA terhadap vaksin ini belum dicabut. https://www.pom.go.id/new/view/more/klarifikasi/127/PENJELASAN-BADAN-POM-RI-TENTANG-INFORMASI-KEAMANAN-VAKSIN-COVID-19-ASTRAZENECA.htmlDi Indonesia, terkait kemungkinan adanya KIPI serius maka vaksinasi batch tertentu  (CTMAV547) di beberapa daerah ditangguhkan sementara sampai didapatkan hasil investigasi lebih lanjut dok.  Mungkin dokter bisa koordinasi ke puskemas setempat vaksin apa yg digunakan dok, kalau masih menggunakan Sinovac maka vaksinasi tetap dilanjutkan. Tapi, tetap utk skrining laboratorium sampai saat ini belum direkomendasikan dok.
Referensi: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/berita-utama/20210516/4837770/vaksin-astrazeneca-aman-penghentian-sementara-hanya-pada-kelompok-ctmav547/