Captopril oral apakah efektif digunakan untuk sublingual - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok, izin tanya.. saya pernah menemukan pemakaian captopril pada pasien hipertensi urgensi. pasien diberikan captopril sediaan oral yang digunakan via...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Captopril oral apakah efektif digunakan untuk sublingual

    25 Juli 2022, 11:40

    Alo dok, izin tanya..

    saya pernah menemukan pemakaian captopril pada pasien hipertensi urgensi. pasien diberikan captopril sediaan oral yang digunakan via sublingual.

    apakah obat sediaan oral efektif bila diberikan secara sublingual?

    mohon arahannya dok, terimakasih 🙏🏻

25 Juli 2022, 13:23
Alo dokter, untuk pemberian obat sublingual sendiri secara umum dapat dikatakan bisa mempercepat onset dan menambah efektifitas dari obat oral tersebut (tablet oral ya dok, bukan kapsul dll). Pemberian secara sublingual diharapkan obat tersebut dapat langsung masuk ke dalam sistemik karena vena di sublingual akan langsung bermuara di vena cava superior tanpa dipengaruhi oleh absorbsi lambung (yang tentu saja dipengaruhi banyak hal) dan tanpa melewati first pass-metabolism di liver.
Jadi, apakah captopril sublingual lebih efektif? Secara farmakologis seharusnya iya, tetapi mungkin bisa dicari jurnal yang sudah membandingkan mana yang lebih efektif, saya hanya mencoba menjawab secara farmakologi saja, Terima kasih
25 Juli 2022, 21:02
berarti tidak ada pengaruh sediaan oral atau sublingual ya dok? keduanya bisa digunakan secara sublingual dengan efektif..
terimakasih penjelasannya dok🙏🏻
25 Juli 2022, 21:04
Seharusnya begitu dok, paling tidak bioavailabilitas nya akan meningkat dengan pemberian sublingual
25 Juli 2022, 14:17

ALO Dokter, 

Pengobatan krisis hipertensi harus dengan prinsip penurunan tekanan darah secara perlahan dalam 24-48 jam. Perbedaan kecil dalam onset kerja antara captopril sublingual dan oral sebenarnya tidak signifikan. Penggunaan captopril sublingual dapat bermanfaat pada pasien dengan penurunan kesadaran, karena dapat diakses lebih mudah, sementara pemberian terapi intravena dipersiapkan. 

Referensi: https://www.alomedika.com/penggunaan-kaptopril-sublingual-berbasis-bukti

25 Juli 2022, 20:58
Terimakasih penjelasannya dok 🙏🏻