Cairan infus untuk anak - Anak Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter Yoke, Sp.A, bagaimana perbandingan cairan infus pada anak neonatus, batita dan balita pada rawat inap biasa, rawat inap dengan dehidrasi ataupun...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Cairan infus untuk anak - Anak Ask the Expert

    01 Desember 2022, 16:49
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter Yoke, Sp.A, bagaimana perbandingan cairan infus pada anak neonatus, batita dan balita pada rawat inap biasa, rawat inap dengan dehidrasi ataupun demam tinggi? Untuk D5%, NaCl, cairan Kaen, RL dan lain2 dok. Kapan perlu dilakukan cek glukosa atau elektrolit lain setelah koreksi cairan kocor misalnya pasien dengan dehidrasi berat atau syok?

    Bagaimana ciri anak dengan gangguan ginjal akut?

    Terimakasih dok 🙏

    Terimakasih

01 Desember 2022, 18:48

Alo dokter, terima kasih atas pertanyaannya.

Utk cairan infus sesuai kebutuhan ya. Untuk resusitasi misal anak dehidrasi atau syok bisa berikan kristaloid seperti RL, ringer acetat/asering.

NaCl 0,9% bisa digunakan utk resusitasi pd neonatus, atau pada kasus ketoasidosis diabetik/KAD.

Utk cairan rumatan bisa beri cairan yg mengandung glukosa dan elektrolit misal D5 1/2NS, KAEN.

Utk cek glukosa, lakukan saat kita curiga hipoglikemi atau hiperglikemia, misal anak dgn syok, kondisi umum sakit sedang-berat, ada kejang, tidak makan minum dalam waktu lama, dll. Cek elektrolit juga sesuai kecurigaan, misal anak dgn kejang, syok, sakit berat, dll.

Gagal ginjal akut fase failure tandanya: kenaikan serum kreatinin 3x dari baseline atau penurunan GFR >50%, urin output <0,3ml/kgbb/jam (selama 24 jam) atau anuri 12jam. 

Demikian semoga menjawab.