Booster vaksin covid dengan merk yang berbeda apakah aman - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya apakah aman dan bermanfaat untuk melakukan booster vaksin covid dosis ketiga dengan merek vaksin yang lain? Seperti 2 dosis pertama...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Booster vaksin covid dengan merk yang berbeda apakah aman

    16 Juli 2021, 12:18
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, izin bertanya apakah aman dan bermanfaat untuk melakukan booster vaksin covid dosis ketiga dengan merek vaksin yang lain? Seperti 2 dosis pertama dengan sinovac dan booster dosis ketiga dengan sinopharm. Terima kasih dokter

    Dan apabila pemeriksaan kuantitatif antibodi menunjukkan nilai yang rendah, apakah sebaiknya di booster dosis ketiga walaupun belum 6 bulan sejak vaksin dosis kedua?

    Terima kasih dokter

16 Juli 2021, 13:55

ALO, Dokter!

Sampai saat ini belum ada data imunologik tentang kombinasi vaksin COVID-19. Uji klinis fase 2 sedang dilakukan pada individu yang sudah mendapatkan vaksin Astrazeneca. Partisipan akan diacak ke dalam kelompok intervensi untuk mendapatkan vaksin Pfizer atau plasebo. Hasil observasi menunjukkan bahwa vaksin Pfizer sebagai dosis kedua pada orang yang telah divaksin dengan vaksin Astrazeneca dapat menginduksi respons imun dan aman (tidak ada efek samping serius yang dilaporkan)

https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3854768

Studi lain menunjukkan bahwa kombinasi vaksin mRNA dan vektor (BNT+Chad) tidak lebih inferior daripada penggunaan vaksin mRNA (Chad) tunggal dan menghasilkan profil imunogenitas yang lebih tinggi.

https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3874014

Kita tunggu perkembangan studinya ya, Dok.

Untuk sinovac saya belum mendapatkan literaturnya. Mungkin TS lain bisa bantu..

:)

16 Juli 2021, 14:53
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terima kasih dok atas informasinya...