Tenaga kesehatan perlukah di beri dosis kedua untuk vaksin booster Moderna - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, saya ingin bertanya perlukah di beri dosis kedua untuk vaksin booster Moderna para nakes ?

Diskusi Dokter

22 September 2021, 21:33

Alo dokter, izin ikut berdiskusi ya dok. Untuk pemberian vaksin booster bagi tenaga kesehatan masih merupakan prioritas, dalam pertimbangan pemberian perlunya booster sebagai pelengkap dari dosis 1 dan 2 terutama untuk yang sebelumnya mendapatkan vaksin dengan platform inactivated dalam upaya peningkatan antibodi dengan platform mRNA seperti yang terdapat dalam rekomendasi PAPDI berikut ini https://www.papdi.or.id/berita/info-papdi/1064-rekomendasi-papdi-tentang-pemberian-vaksinasi-covid-19-booster

Mengenai selanjutnya apakah diperlukan lagi vaksin kedua setelah booster mungkin masih memerlukan penelitian lebih lanjut ya dok, karena saya juga belum menemukan rekomendasi untuk pemberian vaksin setelah vaksin booster. Mungkin kedepannya sambil melihat kembali risk and benefit serta perkembangan penelitian mengenai pembentukan antibodi lebih lanjut juga perlu dipertimbangkan.

Semoga dapat membantu dok, turut menyimak juga diskusi dan update dari TS sekalian. Terima kasih, CMIIW. 

24 September 2021, 09:11
Sptnya perlu di kaji lagi utk nakes diberikan boster ke dua atau vaksin ke empat dg moderna.. tks
23 September 2021, 09:19
Alo Dokter,
Untuk tenaga kesehatan dan tenaga pendukung di fasilitas kesehatan direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin booster (dosis ketiga) sesuai SE kemenkes. Untuk penjadwalan akan dikoordinir oleh IDI atau puskesmas tempat dokter bekerja.
23 September 2021, 11:38
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT
Alodokter, sepertinya yg ditanyakan lebih ke dosis keempat maksudnya... atau Moderna (mRNa) dua kali...  CMIIW