Bolehkah wanita dengan riwayat HELLP syndrome mendapatkan vaksin COVID-19 - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya, seorang wanita berusia 30 tahun menjalani screening untuk persiapan vaksin COVID-19, namun karena ada riwayat HELLP syndrome 2...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bolehkah wanita dengan riwayat HELLP syndrome mendapatkan vaksin COVID-19

    02 Maret 2021, 16:02

    Alo dokter, izin bertanya, seorang wanita berusia 30 tahun menjalani screening untuk persiapan vaksin COVID-19, namun karena ada riwayat HELLP syndrome 2 tahun lalu, user dianjurkan bertanya dulu ke dokter ahli alergi dan imunologi. saat ini user sedang tidak hamil atau menyusui dan mengaku memiliki kesehatan yang prima selama ini.

    Bolehkah user tetap menjalani vaksin COVID-19?

    Terimakasih sebelum nya

02 Maret 2021, 16:18

Alo dr. Nurul, izin berdisukusi 

Dari sumber yang saya baca karena HELLP syndrome etiologinya masih belum diketahui penyebabnya dapat dikarenakan dari komplikasi preeklampsi atau memang karena bediri sendiri yaitu terjadi akibat dari kerusakan/disfungsi aktivasi sel endotelial. Untuk layak atau tidak layaknya di vaksin covid belum ada yang menyebutkan secara pasti boleh tidaknya, namun mungkin karena sudah riwayat penyakit sebelumnya dan saat ini user sudah tidak ada keluhan tentunya ada kemungkinan dapat layak diberikan vaksin. Tetapi tetap karena belum adanya data yang menyampaikan bolehnya, tentu perlu untuk pemeriksaan lanjutan tersebut. Mungkin dapat di edukasi pada user saat pemberian vaksin diinfokan kepada dokter yang akan memberikan vaksin nantinya. 

Berikut sumber yang saya baca, mungkin ada sejawat lain yang ingin menambahkan, CMIIW:
https://www.alomedika.com/penyakit/obstetrik-dan-ginekologi/preeklampsia/prognosis

Rekomendasi PAPDI ttg Pemberian Vaksinasi COVID-19 Rev 17 Jan 2021.pdf
02 Maret 2021, 16:26
Baik dr. Retma, terimakasih banyak untuk masukannya ya
03 Maret 2021, 01:09
dr.Shandy Suwanto Putra,SpOG
dr.Shandy Suwanto Putra,SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Alo dok, ikut menyampaikan pikiran. Berdasarkan jurnal dan data bahwa hellp syndrome merupakan suatu komplikasi dari adanya preeklampsia/eklampsia. Dan dari data memang 30 persen akan berakibat mempunyai sequale sampai hipertensi kronis hingga gangguan ginjal dan atau hati. Sehingga yang menjadi pertanyaan apalah ada gejala sequale pada pasien tersebut yang menjadi kontraindikasi pada pemberian vaksin seperti yang dikeluarkan satgas dan papdi. Bagaimana dengan tekanan darahnya, bagaimana dengan fungsi ginjal dan hati ataukan ada sequale lainnya. Terima kasih dok
03 Maret 2021, 05:09
Baik dr. Shandy, terimakasih banyak atas informasinya 🙏
03 Maret 2021, 01:58
Alo dokter. Saya pikir selagi penyakitnya terkontrol bisa diberikan Vaksin anti Covid-19 tsb. Soalnya saya pernah ikuti Webinar/Zoom di acara TAS ( Tanya Apa Saja ) di selenggarakan oleh IDI Surabaya. Dari penjelasan narasumber, memang bukan dari Obgyn atau Onkology. Tapi dari Internist dan Sp.JP. Memberi jawaban aman² saja. Baik buat Wanita Hamil.menyusui. Atau Hipertensi.DM. SLA dll yg beberapa bulan lalu dikatakan tunda atau tdk sama sekali. Sekarang malah bisa. Apalagi Medis Luar Negeri juga begitu. Demikian sementara.
03 Maret 2021, 05:10
Baik dr. Victor, terimakasih untuk infonya dok 🙏