Menjelang vaksinasi, apakah seseorang boleh mengonsumsi antibiotik - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya, apakah seorang pasien yang sedang dalam terapi antibiotik tertentu dapat tetap menjalani vaksinasi?Terimakasih sebelumnya 🙏

Diskusi Dokter

26 Februari 2021, 16:07

Alo Dokter,

Sebagian besar vaksin, terutama vaksin inaktif, tidak dikontraindikasikan untuk orang yang sedang mengonsumsi antibiotik. Jadi, dapat melanjutkan vaksinasi sesuai rencana. Namun, vaksin bakteri hidup yang dilemahkan seperti BCG dan tifoid oral, vaksin harus ditunda sampai terapi antibiotik selesai.

27 Februari 2021, 08:20
Terimakasih atas informasinya dr. Hudi ☺🙏
27 Februari 2021, 08:19
Alo Dokter,
Berarti pasien masih sakit ya dok? Kalau maksudnya vaksin Sinovac, jika berdasarkan rekomendasi PAPDI vaksinasi sebaiknya ditunda pada fase akut. Tapi bila sudah hilang tanda infeksinya, boleh saja divaksinasi dok.
27 Februari 2021, 08:20
Iya dokter, pasien baru saja cabut gigi dan diberikan antibiotik, terimakasih atas informasinya dok Pika
16 Maret 2021, 13:46

terimakasih pertanyaannya.

Vaksinasi adalah salah satu upaya untuk pencegahan penyakit atau komplikasi penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

syarat pemberian vaksin, anak dalam kondisi sehat, tidak sakit yang diderita (terutama sakit berat). Pada kondisi sakit, anak akan memperoleh beberapa macam obat-obatan, salah satunya antibiotik.

Jadi anak yang sakit ditunda pemberian imunisasinya. Penggunaan antibiotik pada anak yang sakit, yang merupakan kontra indikasi vaksinasi karena proses sakit, bukan karena penggunaan antibiotik. Semoga berkenan