Injeksi Vitamin C dosis tinggi pada orang sehat untuk menjaga daya tahan tubuh - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, izin bertanya, apakah boleh melalukan injeksi vitamin C dosis tinggi pada orang sehat demi menjaga daya tahan tubuh? Karena seringkali...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Injeksi Vitamin C dosis tinggi pada orang sehat untuk menjaga daya tahan tubuh

    08 April 2020, 15:33

    Alo Dokter, izin bertanya, apakah boleh melalukan injeksi vitamin C dosis tinggi pada orang sehat demi menjaga daya tahan tubuh? Karena seringkali mendapatkan user yang baru saja melakukan injeksi vitamin C dosis tinggi tanpa ada anjuran dokter.

08 April 2020, 16:41

Alo dokter,

Vitamin C merupakan suplemen untuk mencegah skorbut/scurvy. Zat ini juga diperlukan untuk absorpsi zat besi, pertumbuhan tulang dan kolagen, dan menghambat atau mengurangi reaksi oksidasi (fungsi antioksidan).  Efek vitamin C terhadap kekebalan tubuh diduga dimediasi oleh kemampuannya untuk mempengaruhi fagositosis, kemotaksis dari leukosit, menghambat replikasi virus, dan meningkatkan produksi interferon.

Telah ada beberapa penelitian mengenai manfaat vitamin C dosis tinggi untuk pencegahan ISPA.  Studi menunjukkan lebih baik mengonsumsi vitamin C reguler 200 mg/hari dibandingkan mulai mengonsumsi vitamin C hanya saat mulai ada gejala ISPA. Hanya dengan dosis yang sangat tinggi (> 6000 mg) yanga dapat menunjukkan efektivitas vitamin C secara nyata untuk menurunkan insidensi ISPA. Dosis setinggi itu perlu dipertimbangkan efek sampingnya.

Referensi: https://www.alomedika.com/peran-suplementasi-vitamin-c-dosis-tinggi-dalam-pencegahan-dan-penanganan-ispa

 CMIIW

08 April 2020, 16:59
Baik, berarti kalau orang sehat sebaiknya konsumsi vitamin C per oral saja ya Dok?
08 April 2020, 17:22
Terima kasih banyak dok atas referensinya 
09 April 2020, 09:09
Alo Dok,

Bila tujuannya utk maintanance aja, saya pikir cukup disesuaikan dgn angka kecukupan gizi saja dok. Pada dewasa, berkisar 75-90 mg. Mungkin bisa diberikan warning bila injeksinya tdk atas anjuran dokter, akan berisiko bisa menyebabkan batu saluran kemih, terutama pada laki-laki.

Ref: https://jamanetwork.com/journals/jamainternalmedicine/fullarticle/1568519
hukor.kemkes.go.id › uploadsPDF
peraturan menteri kesehatan republik indonesia ... - Kementerian Kesehatan
09 April 2020, 11:57
Terimakasih referensi nya dr