Obat batuk yang terasa gatal hingga muntah dan berdahak untuk ibu menyusui - Diskusi Dokter

general_alomedika

Izin berdiskusi dok. Saya memiliki pasien ibu menyusui berusia 28 tahun mengeluhkan batuk sangat gatal kalau diisi makanan apapun bikin gatal dan sampai...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Obat batuk yang terasa gatal hingga muntah dan berdahak untuk ibu menyusui

    23 Oktober 2022, 15:08
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Izin berdiskusi dok. Saya memiliki pasien ibu menyusui berusia 28 tahun mengeluhkan batuk sangat gatal kalau diisi makanan apapun bikin gatal dan sampai muntah dan banyak keluar dahak juga, gejala lain ada flu dan sakit menelan. Riwayat konsumsi obat dari dktr sebelumnya bromhexin, cetirizin, dan pct. Apakah ada obat lain yang bisa meredakan batuknya dok karena sangat gatal takut menularkan kebayinya soalnya masih dbf dan sangat mengganggu sekali. Terimakasih dok 🙏🏻

23 Oktober 2022, 16:06
izin ikut berdiskusi dokter, untuk batuk yang gatal dan mengganggu bisa diberikan antitusif, yang aman utk ibu menyusui adalah dextrometorphan, hanya seringkali sediaannya dalam kombinasi. Sedangkn kodein dapat disekresikan melalui ASI.
Pada pasien ini dikatakan banyak keluar dahak. Penggunaan mukolitik yang mengencerkan dahak dapat memperbanyak produksi dahak namun dengan konsistensi yang lebih encer, namun cenderung tidak menghentikan gatal yang menyebabkan batuk tsb sangat mengganggu. Mukolitik seperti Ambroksol diekskresikan di ASI, sedangkan dikatakan bahwa bromheksin, acetylsistein, GG dan guaifenesin belum diketahui informasi yang cukup dari penelitian.
Penggunaan antihistamin dapat meredakan gejala flu dan juga rasa gatal yang mencetuskan batuk, terutama pda batuk yang disebabkan oleh alergi, selain itu juga dapat mengurangi produksi dahak. Antihistamin yang dikatakan paling banyak penelitiannya dan direkomendasi aman bagi ibu menyusui adalah ceririzine. Selain cetirizine, CTM dalam dosis kecil juga dapat dijadikan pilihan, namun ibu menyusui yang mengkonsumsi difenhidramin dapat mensekresikanya melalui ASI.