Apakah perlu antibiotik saat mengalami batuk berdahak hijau kental? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, izin bertanya TS. Saat ini saya sedang sakit batuk pilek, sebelumnya demam, nyeri kepala, badan pegal-pegal selama 2 hari. Saat ini keluhan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apakah perlu antibiotik saat mengalami batuk berdahak hijau kental?

    18 Agustus 2022, 17:47
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alodokter, izin bertanya TS. Saat ini saya sedang sakit batuk pilek, sebelumnya demam, nyeri kepala, badan pegal-pegal selama 2 hari. Saat ini keluhan tinggal batuk pilek dan suara serak, tapi ingus dan dahak warna hijau kental. Apakah sudah perlu antibiotik..? Atau perlu pemeriksaan yg lain..

    Mohon bantuannya TS, karena saya baru kali ini mangalami batuk pilek seperti ini.

    Terimakasih 🙏

19 Agustus 2022, 10:34

ALO Dokter, menurut saya, pemberian antibiotik sebaiknya dilakukan bila memang terbukti infeksi yang dialami disebabkan oleh bakteri dengan pemeriksaan lab. Sekret hidung yang berwarna bisa disebabkan oleh reaksi sel darah putih dalam melawan kondisi peradangan namun tidak dapat menjadi patokan untuk penggunaan terapi antibiotik. Kondisi yang Dokter alami sepertinya mengarah ke ISPA ya Dok, sedangkan ISPA sendiri seringkali disebabkan oleh virus. Saya menyarankan penggunaan obat-obatan simptomatik seperti mukolitik/antitusif untuk batuknya dan dekongestan intra nasal untuk pileknya. Mungkin ada Dokter lain yan ingin memberi saran?

Semoga lekas sembuh ya Dok.