Bagaimana dokter memfoto kulit pasien tanpa mengurangi rasa percaya pasien terhadap dokter? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Saya sering melihat diskusi di sini dokter dokter menunjukkan foto kondisi kulit pasien. Namun sepengalaman saya, bila saya ijin foto kulit pasien, pasien...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bagaimana dokter memfoto kulit pasien tanpa mengurangi rasa percaya pasien terhadap dokter?

    03 Oktober 2022, 07:33
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Saya sering melihat diskusi di sini dokter dokter menunjukkan foto kondisi kulit pasien. Namun sepengalaman saya, bila saya ijin foto kulit pasien, pasien jadi tidak percaya karena merasa saya foto untuk tanya orang lain yang mana memang tujuan foto nya untuk konsul tsb.

    Dokter disini bagaimana? Apakah terang terangan bilang untuk konsul? Lalu apa tetap memberi terapi?

03 Oktober 2022, 09:00

ALO Dokter! Saya ikut berdiskusi ya Dok, ini posisinya apakah pasien konsul di telemedisin (online) atau ketemu di praktek langsung ya Dok? Kalau konsultasi telemedisin, seorang Dokter berhak untuk meminta pasien memfotokan keluhan dengan tujuan mendapat gambaran lebih jelas, pasien juga bisa kita minta agar memberi foto dengan penerangan yang jelas agar membantu proses diagnosis.

Namun, bila kondisinya saat praktik langsung, memang tindakan memfoto pasien tersebut perlu meminta izin pasien untuk menjaga kenyamanan pasien. Saya sendiri mengambil foto bukan hanya untuk konsul, tapi terkadang agar bisa jadi dokumentasi bila menemukan kasus yang unik.

Bila memang pasien bertanya tujuan kita, mungkin bisa dijelaskan perlahan pada pasien bahwa Dokter memang perlu dokumentasi agar bisa berdiskusi dengan sejawat lain yg mungkin punya pengalaman dengan kasus yang sama dan jelaskan bahwa identitas pasien pasti akan terjaga. Untuk terapi sendiri bila Dokter ragu itu bukan kompetensi Dokter mungkin bisa diberikan terapi simtomatik dulu atau dirujuk ke spesialis yang sesuai Dok.

Memang saat ini komunikasi dengan pasien benar-benar perlu trik sendiri agar kepercayaan dan kenyamanan mereka tetap terjaga. Berikut ada artikel menarik mengenai cara menghadapi pasien yang terkesan 'serba tahu'Dok. Semoga bermanfaat terimakasih "https://www.alomedika.com/menghadapi-pasien-serba-tahu