Vaksinasi wajib pada anak di Puskesmas di tengah pandemi - Vaksin Anak Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang Prof. Rini, mohon ijin menyuarakan kendala di fasyankes primer, dimana sekarang orang tua masih takut untuk membawa anak ke puskesmas dan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Vaksinasi wajib pada anak di Puskesmas di tengah pandemi - Vaksin Anak Ask the Expert

    16 Maret 2021, 13:55
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat siang Prof. Rini, mohon ijin menyuarakan kendala di fasyankes primer, dimana sekarang orang tua masih takut untuk membawa anak ke puskesmas dan vaksinasi, sehingga target laporan vaksinasi wajib menurun drastis. 

    sedangkan dari Dinkes masih menunggu arahan untuk penyesuaian target vaksinasi, apakah ada arahan dari IDAI untuk target vaksinasi wajib di Puskesmas di tengah Pandemi ini? terima kasih Prof.

16 Maret 2021, 14:06

terimakasih pertanyaannya.

Memang benar sekali, cakupan imunisasi di seluruh daerah di Indonesia jauh menurun. Tidak hanya di faskes layanan prinmer, juga di RS pemerintah lainnya.

setahun berselang, sudah ada kenaikan sedikit demi sedikit, walaupun belum mencapain target.

beberapa terobosan sarana prasarana digunakan untuk mengamankan lokasi / area imunisasi. Target tidak diturunkan, karena berpotensi menimbulkan KLB penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi

Yang dapat dilakukan : data anak yang belum mendapat imunisasi, lakukan kejar imunisasi bisa 2 atau 3 kali suntikan bersamaan, lakukan sweeping dengan turun ke rumah penduduk / di area masyarakat seperti kantor lurah atau kantor desa. Berikan edukasi terkait bahaya penyakit pada anak yang tidak mendapatkan vaksinasi. Peran tokoh masyarakat, tokoh agama sangat penting di lapangan untuk menyakinkan orangtua tentang pentingnya pemberian imunsasi di masa pandemi, buat percontohan faskes dengan protokol kesehatan yang baik dan benar.