Penanganan demam dewasa pada faskes primer tanpa pemeriksaan lab darah - Penyakit Dalam Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang dr. Kholidatul,Mohon izin arahan untuk tatalaksana di faskes primer, pasien demam yang datang panas hari ke 2, demam tinggi 39 derajat, mohon...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penanganan demam dewasa pada faskes primer tanpa pemeriksaan lab darah - Penyakit Dalam Ask the Expert

    01 Maret 2022, 14:24

    Selamat siang dr. Kholidatul,

    Mohon izin arahan untuk tatalaksana di faskes primer, pasien demam yang datang panas hari ke 2, demam tinggi 39 derajat, mohon tips untuk diferensiasi penyebab demam tanpa pemeriksaan lab darah. 

    Terima kasih banyak dok

01 Maret 2022, 14:29
dr.Kholidatul Husna, SpPD
dr.Kholidatul Husna, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Alo dr. Andi, mohon ijin menjawab Dok.

Dalam menegakkan kemungkinan penyebab demam dibutuhkan anamnesis yang rinci dan pemeriksaan fisik. Beberapa hal yang secara khusus perlu diperhatikan pada demam, adalah cara timbul demam, lama demam, sifat harian demam, tinggi demam dan gejala lain yang menyertai demam. Demam yang tiba-tiba tinggi lebih sering disebabkan oleh penyakit virus. Pola demam bifasik contohya pada demam berdarah, dan pola demam remitten misalkan pada demam tifoid. Keluhan penyerta juga penting ditanyakan untuk menentukan penyebab demam, adanya batuk dan nyeri tenggorokan didapatkan pada infeksi saluran pernapasan, sedangkan keluhan diare dan mual muntah biasanya disebabkan oleh infeksi saluran pencernaan.

Selain anamnesis, juga diperlukan pemeriksaan fisik yang sistematis, mulai dari tanda vital, kepala leher termasuk tenggorokan, paru-paru, abdomen, dan lain2. Bila diduga adanya demam berdarah, maka jangan dilakukan pemeriksaan rumple leed atau tes tourniket untuk melihat adanya petekie.

Dengan menanyakan riwayat demam yang terperinci, pemeriksaan fisik yang sistematis, diharapkan dapat menegakkan diagnosis awal.

Demikian Dok, semoga membantu.