Resolusi gejala appendicitis, apakah tetap harus dioperasi? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dok, wanita usia 28th, abdominal pain dari pemeriks fisik, lab darah dan usg sudah tegak appendiitis akut. Pasien diedukasi untuk operasi, namun menolak...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Resolusi gejala appendicitis, apakah tetap harus dioperasi?

    23 November 2018, 09:23

    Dok, wanita usia 28th, abdominal pain dari pemeriks fisik, lab darah dan usg sudah tegak appendiitis akut. Pasien diedukasi untuk operasi, namun menolak karena ingin melakukan operasi di kota asal. Kemudian pasien diberikan antibiotik.

    Saat dilakukan pemeriksaan kembali di kota asal,pasien dinyatakan tidak appendisitis dan tidak dianjurkan operasi.

    Yg ingin saya tanyakan,apakh kasus tersebut masuk appenisitis kronis ya dok?untuk terapi dg operasi apakah masih dianjurkan, mengingat rekurensi dan komplikasi seperti perforasi nya jika tidak dilakukan apendektomi?


    Btk

23 November 2018, 09:52
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Alo dok Wiji! Tentunya bukan appendicitis kronis dok.. Harap perhatikan kembali definisi appendicitis kronis sebagai berikut:

1. Riwayat nyeri kuadran kanan bawah setidaknya 3 minggu tanpa ada diagnosis lain

2. Setelah apendektomi, gejala hilang total

3. Secara histopatologi, gejala terbukti diakibatkan oleh proses inflamasi aktif kronis pada dinding appendiks atau fibrosis pada appendiks

https://www.medscape.com/answers/773895-14452/how-is-chronic-appendicitis-defined

Jadi appendicitis kronis berbicara mengenai proses patofisiologi dari appendicitisnya, diagnosis secara histopatologi bukannya seperti kasus yang Dokter tanyakan.

Nah, kalau seperti yang Dokter tanyakan, itu namanya resolusi gejala appendicitis. Pada kasus seperti ini, tentunya memang ada risiko rekurensi tapi bukan berarti dokter harus langsung melakukan appendektomi. Kan appendektomi juga ada risikonya. Pertimbangkan ulang risiko dan manfaat tindakan dan kondisi pasien. Jika pasien dinilai patuh untuk mau follow up berkala untuk memantau terjadinya rekurensi, serta bisa diedukasi mengenai tanda bahaya yang perlu dipantau, tentunya tidak perlu diapendektomi.

Di sini pentingnya untuk melakukan shared decision making dengan pasien. Jelaskan risiko rekurensinya seberapa tinggi, risiko komplikasinya apa, dan diskusikan dengan pasien apakah pasien tersebut lebih memilih untuk operasi atau tidak. Semoga bermanfaat Dok.

23 November 2018, 10:54
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Btw resolusi appendicitis menggunakan antibiotik ini dibahas pada artikel Alomedika lo. Silahkan baca pada link berikut ini:

https://www.alomedika.com/penggunaan-antibiotik-untuk-penanganan-appendicitis

30 November 2018, 04:27
terima kasih dok
23 November 2018, 09:55

Alo dokter,

Untuk terapi appendisitis sendiri jika memang tidak memiliki komplikasi bisa dilakukan pemberian antibiotik. Namun pasien harus paham bahwa appendisitisnya akan sangat mungkin untuk kambuh, sehingga edukasi mengenai tanda bahaya kapan pasien harus segera periksa ke dokter menjadi sangat penting.

Mengenai appendisitis kronis, sebenarnya penyakit ini sangat jarang ya dok, dan umumnya terdeteksi ketika menjadi appendisitis akut. Beberapa gejalanya antara lain nyeri perut kanan bawah namun lebih ringan, sehingga pasien juga sering tidak menyadari.

Untuk terapinya sendiri, sebaiknya menyesuaikan hasil pemeriksaan yang didapat dokter pemeriksa, apakah perlu dilakukan appendiktomi atau tidak. Sepertinya dari sisi pasien sendiri mungkin lebih besar kemungkinan untuk menolak tindakan operasi ya dok jika sudah merasa baikan/tidak ada gejala. Mengingat saat dinyatakan appendisitis akut pun pada pasien ini bahkan menolak dioperasi.

Terima kasih dok, CMIIW.

24 November 2018, 18:26
antibiotik nya apa ya dok? metro? cotri? cefixime?
tapi setau saya pilihan pertama emang operasi sih dok
30 November 2018, 04:28
menggunakan amoksiclav dan metronidazol dokter
30 November 2018, 04:35
23 November 2018, 10:54

Btw resolusi appendicitis menggunakan antibiotik ini dibahas pada artikel Alomedika lo. Silahkan baca pada link berikut ini:

https://www.alomedika.com/penggunaan-antibiotik-untuk-penanganan-appendicitis

terima kasih dok infonya 
30 November 2018, 10:57
Terimakasih dok informasinya, sangat berguna sekali 👍