Apakah Penekanan Krikoid Pada Intubasi Berguna? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo! Sekarang ini kan sudah banyak bukti klinis yang tidak lagi mendukung dilakukannya penekanan krikoid atau cricroid pressure saat intubasi karena dinilai...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apakah Penekanan Krikoid Pada Intubasi Berguna?

    28 Mei 2018, 08:32

    Alo!

    Sekarang ini kan sudah banyak bukti klinis yang tidak lagi mendukung dilakukannya penekanan krikoid atau cricroid pressure saat intubasi karena dinilai tidak efektif dan dapat mengganggu manajemen jalan napas. Padahal dulu waktu kita belajar di sekolah, dikatakan bahwa penekanan krikoid alias Manuver Selick ini bisa membantu mencegah aspirasi dan bisa membantu melihat saluran nafas dengan lebih jelas.


    Kalo di faskes dokter-dokter semua, manuver selick ini masih dikerjakan ngga ya?? pertimbangan dikerjakan/tidaknya seperti apa??


    Oiya, soal ini juga baru diangkat nih sama alomedika di artikel CME.

28 Mei 2018, 09:56

Alo Doc, 

Sharing sedikit....kalau seingat saya sejak Koass di Anestesi sampai pelatihan ACLS, saya tidak pernah diajarkan menggunakan manuver Sellick/metode penekanan krikoid ini untuk melakukan intubasi, jadi kalau saya tidak pernah mempraktikkannya pada Pasien.

tapi saya ada membaca artikel di salah satu jurnal Indonesia kalau metode ini masih digunakan untuk penanganan jalan napas sulit pada neonatus

Nah.. yang saya belum jelas dan mungkin rekan-rekan Dokter lain dapat ikut sharing pengalaman apakah manuver sellick ini masih sering digunakan atau tidak baik pada kasus dewasa maupun anak-anak, juga apakah memang dapat membantu visualisasi jalan napas dengan lebih baik?

Terima kasih

 

28 Mei 2018, 10:46

Alo..

Penekanan krikoid ketika intubasi setau saya masih dipakai sampai sekarang. Tapi dengan penekanan krikoid memang membuat pita suara menjadi lebih sulit untuk dilihat. Kalau memang penekanan krikoid tidak disarankan lagi, mungkin dapat menjadi pertimbangan buat saya untuk tidak melakukannya lagi ketika melakukan intubasi. 

Mungkin dokter-dokter lain ada yang pernah melakukan intubasi tanpa menggunakan penekanan krikoid? Ditunggu sharingnya..

Terima kasih..

28 Mei 2018, 10:47
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Sepanjang pengalaman saya, manuver Sellick sangat membantu untuk visualisasi saat intubasi. Saya sendiri saat intubasi selalu menggunakan manuver tersebut. 

28 Mei 2018, 10:56
Willy
Willy
Dokter Umum

Alo!

Selamat siang Dokter Qintha, kalau saya masih pakai dok penekanan kartilago krikoid tersebut ketika saya memasang ETT. Karena terkadang pita suara tidak langsung terlihat ketika kita hanya menggunakan laringoskop. Visualisasi pita suara cukup penting saat tindakan intubasi buat saya dok, untuk mencegah masuknya ETT ke saluran pencernaan. 

Terima Kasih, dok.

28 Mei 2018, 14:42
dr. Marianti
dr. Marianti
Dokter Umum
Sepengetahuan saya, dok, penekanan krikoid yang bertujuan mencegah naiknya isi lambung ke orofaring dan aspirasi isi lambung, justru bisa menyulitkan intubasi. Itu sebabnya, apabila terjadi kesulitan saat intubasi, penekanan krikoid harus dikurangi atau bahkan dilepas.
28 Mei 2018, 15:43
Alo dok,

berdasarkan buku ACLS indonesia edisi 2017
penekanan krikoid bertujuan untuk menekan trakea ke bawah dan menutup esofagus.

tapi berdasarkan AHA 2010, manuver ini sudah tidak dianjurkan lagi karena dari bbrapa kasusu regurgitasi isi lambung ttp terjadi. namun jika dalam keadaan lambung penuh, manuver ini masih diperlukan.
thanks