Apa Saja 6 Manfaat Pembelajaran Medis Secara Online? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Edukasi online sebenarnya telah banyak menerima perhatian sebelum pandemi. Namun, pandemi ini membuat manfaat edukasi online semakin terasa, sehingga edukasi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apa Saja 6 Manfaat Pembelajaran Medis Secara Online?

    01 Juli 2021, 15:40

    Edukasi online sebenarnya telah banyak menerima perhatian sebelum pandemi. Namun, pandemi ini membuat manfaat edukasi online semakin terasa, sehingga edukasi online saat ini telah menjadi suatu tren. Bahkan, banyak Dokter yang konservatif pun mulai beradaptasi dengan kondisi pembelajaran yang baru ini dan menyambut manfaat eLearning dengan antusias.

    Manfaat pertama dari pembelajaran online adalah adanya fleksibilitas bagi peserta untuk melakukan kursus di mana pun dan kapan pun. Manfaat ini tentu saja tidak dapat diperoleh melalui kursus offline.

    Selain itu, manfaat kedua yang juga tidak kalah penting adalah Dokter tidak perlu terbebani dengan persoalan logistik. Dengan mengikuti kursus online, Dokter tidak perlu jauh-jauh menggunakan mobil atau transportasi lain untuk mencapai tempat kursus.

    Manfaat ketiga adalah sifat kursus online yang lebih ekonomis daripada kursus offline. Biasanya, bila Dokter mengikuti kursus offline di akhir pekan, Dokter perlu mengeluarkan biaya tiket transportasi, biaya gas untuk mobil pribadi, dan biaya akomodasi.

    Beberapa peserta juga menyukai self-pace dalam kursus online karena self-pace bisa membantu mengembangkan disiplin diri, kemampuan organisasi diri, dan motivasi. Hal-hal ini adalah kualitas yang diapresiasi di semua tempat kerja. Bila Dokter bisa menunjukkan komitmen dan motivasi diri yang baik dengan menampilkan daftar kursus online dan e-sertifikat yang telah Dokter miliki, hal ini tentu menjadi keunggulan ketika Dokter mendaftar untuk spesialisasi atau untuk kerja.

    Manfaat lain yang juga penting bagi Dokter yang memedulikan manajemen waktu adalah durasi e-Course yang telah diketahui dengan jelas. Dengan mengetahui bahwa suatu kursus akan membutuhkan waktu fixed 20 menit, Dokter dapat mengatur waktu dengan lebih mudah ketika jadwal Dokter sedang padat.

    Terakhir, keunggulan lain dari pembelajaran online adalah prosesnya tidak terganggu oleh faktor epidemiologi. Dokter tidak perlu khawatir tentang transmisi penyakit karena Dokter hanya perlu menggunakan perangkat elektronik untuk mengikuti kursus.

    Contoh e-Course yang memberikan Dokter semua manfaat ini adalah e-Course Kanker Payudara yang telah dikembangkan oleh Alomedika dan Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI). e-Course ini terdiri dari 6 modul dan tiap modul hanya membutuhkan waktu 17–24 menit. Selain menerima 12 SKP IDI, Dokter juga akan mendapatkan e-sertifikat dari PERABOI, yang ditandatangani oleh dr. Slamet Budiarto, SH, MH.Kes (Ketua IDI Wilayah DKI Jakarta) dan oleh dr. Walta Gautama S.T., Sp.B(K)Onk (Ketua Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia atau PERABOI). Sertifikat ini sama dengan sertifikat yang biasanya Dokter terima bila Dokter mengikuti suatu kursus offline (tatap muka) dan memuat logo IDI, PERABOI, dan ALOMEDIKA. Biaya e-Course Kanker Payudara adalah Rp.500.000,- dan bisa dibayarkan melalui link dibawah ini: https://get.alodokter.com/peraboialomedika.

    Klik link ini https://get.alodokter.com/3g1waIy untuk langsung menonton video e-Course Kanker Payudara Modul 1 dari HP Anda.

02 Juli 2021, 08:58

Terimakasih dokter Ciho

02 Juli 2021, 08:59
dr. Marianti
dr. Marianti
Dokter Umum
Setuju, Dok.
02 Juli 2021, 08:59
Dengan banyaknya sejawat yang melayani lintas nusantara sampai di kepulauan terpencil, metode pembelajaran online ini sangat bermanfaat dan membantu. Terima kasih atas inisiasinya tim ALOMEDIKA. Semoga makin banyak bidang ilmu yang dicover. 
02 Juli 2021, 10:29
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT

semoga manfaat nya dpt dirasakan seluruh Indonesia ...