Antikoagulan apakah memberikan efek terhadap vaksin COVID-19 - Ask The Expert Penyakit Dalam - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter Santi C G, Sp.PD-KHOM, Selamat pagi dokter, saya inin bertanya apakah efek anticoagulant terhadap vaksin COVID-19? Berapa hari sebelum vaksin...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Antikoagulan apakah memberikan efek terhadap vaksin COVID-19 - Ask The Expert Penyakit Dalam

    09 September 2021, 10:35

    Alo Dokter Santi C G, Sp.PD-KHOM, 

    Selamat pagi dokter, saya inin bertanya apakah efek anticoagulant terhadap vaksin COVID-19? Berapa hari sebelum vaksin harus berhenti minum anticoagulant tersebut? Dan apakah perlu pemeriksaan d-dimer sebelum vaksin? Terima Kasih Dokter 

09 September 2021, 11:25
dr. Santi Christiani SpPDKHOM
dr. Santi Christiani SpPDKHOM
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Terimakasih untuk pertanyaan nya dr Roshni,

setau saya sampai saat ini tidak ada efek negatif antikoagulan pada mereka yg rutin mengkonsumsi dan kemudian mendapatkan vaksin, sehingga tentu saja antikoagulan tidak perlu dihentikan.

Sebaiknya untuk mereka yang memiliki penyakit komorbid, seperti kelainan darah dan malignansi memerlukan skrining awal yang salah satunya d-dimer. Dokter bisa memeriksakan faal koagulasi pada pasien2 tersebut.

Terimakasih