Antibodi Virus Corona ada pada ASI Ibu Menyusui yang Telah Divaksinasi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, izin bertanyaBelakangan ini pada media sosial mengatakan ibu yang telah divaksinasi covid 19 dapat memberikan antibodi kepada bayinya lewat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Antibodi Virus Corona ada pada ASI Ibu Menyusui yang Telah Divaksinasi

    08 April 2021, 10:12

    Alodokter, izin bertanya

    Belakangan ini pada media sosial mengatakan ibu yang telah divaksinasi covid 19 dapat memberikan antibodi kepada bayinya lewat menyusui atau mendapatkan juga manfaat dari vaksin lewat ASI. Apakah benar dok hal demikian? Apakah vaksin covid-19 sudah terbukti dapat melewati ASI?

    Mohon pencerahannya dok, terima kasih 

     

08 April 2021, 10:14
Alodokter, izin ikut berdiskusi. 


Benar dok saat ini sedang ramai ada yang mengatakan kemungkinan bayi dapat menerima pula manfaat vaksin lewat ASI. Hasil studi yang dipublikasikan di dalam jurnal medRxiv. Penelitian yang berjudul SARS-CoV-2 Antibodies Detected in Human Breast Milk Post-Vaccination (2021) itu mendaftarkan enam ibu menyusui sebagai peserta vaksin covid dari Pfizer atau Moderna. Hasil yang didapat cukup memuaskan. Mereka mengamati adanya peningkatan kadar antibodi IgG dan IgA spesifik SARS-CoV-2 secara signifikan di dalam ASI.Pembentukan antibodi tersebut muncul tujuh hari setelah busui mendapatkan dosis vaksin pertama. Antibodi IgG paling banyak ditemukan.  Kadar antibodi tersebut sayangnya menurun sebelum busui mendapatkan dosis vaksin yang kedua. Setelah menerima dosis kedua alias dosis penguat, barulah antibodi IgG dan IgA kembali meningkat dan memberikan respons yang berkelanjutan. Tetapi, studi ini masih berskala kecil karena hanya menggunakan enam busui. Seingga masih diperlukan penelitian penelitian selanjutnya. 


Berikut sumber yang saya baca dok:
https://www.medrxiv.org/content/10.1101/2021.02.23.21252328v1.full