Antibiotik apa yang umum digunakan untuk gastroenteritis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter izin bertanya. Untuk gastroenteritis dengan diare tidak berdarah berlendir namun tanpa pemeriksaan feses sebaiknya apa antibiotik yang umum...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Antibiotik apa yang umum digunakan untuk gastroenteritis

    23 Januari 2022, 08:06
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter izin bertanya. Untuk gastroenteritis dengan diare tidak berdarah berlendir namun tanpa pemeriksaan feses sebaiknya apa antibiotik yang umum digunakan? Karena terkadang sulit untuk melihat etiologi bakterinya.

    Lalu untuk pasien anak2 jika diare nya berat apakah boleh diberikan obat anti diare? Karena guideline nya hanya pemberian zinc dan hidrasi. Terimakasih TS

24 Januari 2022, 01:01
Alo dokter. Sampai saat ini IDAI belum merekomendasikan pemberian obat antimotilitas & kaolin-pectin pada anak, terutama pada anak < 3 tahun. Pemberian Zinc, Rehidrasi, Edukasi lebih dianjurkan. Dikutip dari SariPediatri pemberian probiotik dapat membantu mengurangi frekuensi & durasi diare. 
Sedangkan untuk antibiotik, pilihan golongan fluoroquinolon tidak dianjurkan untuk diberikan pada usia < 18th


Semoga dapat membantu

24 Januari 2022, 20:08
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Iya dokter terimakasih banyak atas sarannya sudah membantu 🙏
24 Januari 2022, 21:28
dr.Budiyanto, SpA
dr.Budiyanto, SpA
Dokter Spesialis Anak
Izin menambahkan, untuk diare cair akut pada anak yang secara klinis adalah viral gastroenteritis (tersering disebabkan Rotavirus), menurut guideline dari ESPHGHAN/NASPHGHAN 2014, tidak perlu rutin memeriksa tinja mikroskopis, yang hanya diperlukan apabila ada kecurigaan infeksi bakteri seperti adanya darah dan lendir pada tinja.
Tata laksana diare pada anak mengacu pada LINTAS Diare dari Kemenkes (Cairan/Oralit, Zinc, Nutrisi, Edukasi, dan antibiotik hanya pada kasus selektif yg disebabkan bakteri). Pemberian Oralit tentunya masih merupakan cornerstone dari tatalaksana diare cair pada anak, karena dapat mengurangi volume tinja diare s.d. 20 persen, juga Zinc yg dari pengalaman penelitian selama lebih dari 20 tahun di negara berkembang terbukti mengurangi durasi diare dan mencegah episode diare dalam 2-3 bulan yang akan datang (lihat Buku Saku Lintas Diare Kemenkes).
Obat2an antidiare yang ada di pasaran saat ini tidak terbukti dapat merubah perjalanan alamiah penyakit (pada umumnya baru akan sembuh dalam 3-5 hari sesuai perjalanan penyakit), bahkan antimotilitas seperti Loperamid dapat menimbulkan komplikasi yg tidak diinginkan terutama pada anak berusia di bawah 3 tahun. Probiotik strain tertentu dalam jumlah yang cukup terbukti cukup baik untuk memperpendek durasi diare. Selengkapnya dapat dibaca di guideline berikut, semoga bermanfaat.
2014_Guidelines_for_the_Management_of_Acute_Gastroenteritis_in_children_in_Europe.pdf
24 Januari 2022, 21:36
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Terimakasih banyak dokter. Sangat membantu untuk jawabannya 🙏🙏
24 Januari 2022, 21:45
Terimakasih banyak dokter atas ilmunya 🙏🏻
11 Februari 2022, 17:36

Terimakasih banyak dokter, atas pencerahannya­čÖĆ­čĆ╗