Anak mulai sekolah offline setelah divaksin - Vaksin COVID-19 Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Budiman, SpMK.. Bagaimana pendapat dokter mengenai sekolah offline? Apakah cukup aman setelah vaksin dilakukan kepada para guru/staf guru? Apakah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Anak mulai sekolah offline setelah divaksin - Vaksin COVID-19 Ask The Expert

    30 April 2021, 14:16
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dr. Budiman, SpMK.. Bagaimana pendapat dokter mengenai sekolah offline? Apakah cukup aman setelah vaksin dilakukan kepada para guru/staf guru? Apakah sudah ada hasil penelitian vaksin COVID pada anak?

30 April 2021, 16:26

Menurut saya, kita belum mengetahui apakah anak yang telah divaksinasi covid-19 tidak akan menular virus kepada gurunya.  Jadi implementasi cara perlindungan transmisi kepada guru dari anak harus tetap dilakukan dengan baik sesuai protokol kesehatan.  Tentu ada tantangan tersendiri untuk memberikan edukasi pada anak agar benar dipatuhi.  Saya bukan expert dalam bidang psikologi, khusunya psikologi anak, jadi tidak dapat memprediksi bagaimana tingkat kepatuhan anak Indonesia terhadap protokol kesehatan dan dampaknya terhadap risiko transmisi kepada guru pada saat sekolah dilaksanakan offline.  Sebaiknya setiap sekolah sudah mengantisipasi berbagai risiko yang mungkin terjadi sehingga telah menyiapkan SOP dan kelengkapan fasilitas untuk implementasi 3M.  Tata udara di dalam kelas juga selayaknya diperhatikan agar terjadi pergantian udara yang baik di dalam kelas dan ruang tertutup lainnya.  Seperti kita ketahui, anak merupakan sumber transmisi virus yang efektif karena viral load pada anak relatif tinggi walaupun gejala kliniknya relatif minimal.

30 April 2021, 16:31
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Siap.. terimakasih dokter