Mengapa bayi sekarang menolak ASIP dari dot? - Diskusi Dokter

general_alomedika

malam docs , mau bertanya , ini pertanyaan dari saya sendiri , mungkin ada yang bisa sharing pengalaman juga .anak saya usia 2bulan , ASI eksklusif langsung...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Mengapa bayi sekarang menolak ASIP dari dot?

    27 Juni 2018, 21:20

    malam docs , mau bertanya , ini pertanyaan dari saya sendiri , mungkin ada yang bisa sharing pengalaman juga .



    anak saya usia 2bulan , ASI eksklusif langsung dari PD , beberapa kali coba saya tinggal keluar rumah dengan durasi lebih dari 2jam , awal2nya mau dengan dot (pas usia masih 1bulanan) , akhir2 ini malah gak mau minum ASIP dengan dot .



    saya mencoba tega dengan memberitahukan pengasuhnya (kebetulan masih keluarga juga) dengan membiarkan anak menangis , cukup mengayunkan saja , tapi akhirnya anak tertidur sejenak tapi nantinya bangun lagi dan tetap tidak mau dot .



    saya ragu mencoba menggunakan cup feeder karena pengasuhnya sptnya kurang telaten , dan harus mengurus anak lain juga (anak ipar saya) .



    pada anak pertama saya tidak menemukan masalah ini , kebetulan yang pertama ASIP dengan dot mau , menyusui lgsg dari PD mau bahkan sampai 24bulan .



    yang mau saya tanyakan , sebaiknya bagaimana ya dok ?


    apa ada yang punya pengalaman ?



    berhubung sebentar lagi masa cuti sudah mau berakhir .



    terima kasih banyak docs! :)

27 Juni 2018, 21:34
hai dok!!

Pemberian ASIP bisa dicoba lewat alternatif lain seperti sendok atau pipet.
.
Sebetulnya memang dot kurang disarankan yah dok.. Tapi anak saya dulu alhamdulillah tidak bingung puting dengan dot.
Kalau memang masih ingin melanjutkan menggunakan dot, bisa dicoba berganti jenis atau merek dot, dok.. Anak menolak bisa jadi karena nipple terlalu keras, aliran terlalu deras, atau kurang deras. Jadi dokter bisa coba ganti nipple dulu, atau bisa coba merek dot yang berbeda.
Anak saya dulu pakai merek Avent, nipple saya ganti setiap 2 bulan. Kalo untuk size nipple nya saya sesuaikan respon anak saja. Kalo sepertinya lagi mau deras saya pakai ukuran besar, kalo pengen agak slow saya pakai yang kecil.
.
Keadaan ASIP juga memengaruhi dok.. kalo untuk anak saya dia senang ASIP tidak terlalu hangat, kalo terlalu panas tidak mau, dingin juga tidak mau.
Kalo ASIP banyak kandungan lipase baunya akan sedikit amis kan yah dok.. nah ini bisa pengaruh juga pada bayinya.
.
Semoga membantu yaa dok.. Semangat menyusui!!
27 Juni 2018, 22:25
dr. Alvina, SpKJ
dr. Alvina, SpKJ
Dokter Specialis Psikiater
saya setuju dengan dr. Bedry. bisa dicoba dot dari berbagai macam merk. bayi saya kebetulan tidak suka dengan dot avent yang classic tp dia lebih bisa menggunakan dot pigeon peristaltic plus,mungkin karena lebih lunak ya.

untuk kondisi ASIPnya sendiri, bayi saya suka ASIP yang tidak dibekukan karena tidak terlalu bau saat dihangatkan. mungkin perlu diperhatikan juga pada bayi dokter sukanya seperti apa.

semangat ya dok!
27 Juni 2018, 22:28

dr.Bedry Qintha
Jun 27, 2018 at 21:34 PM

hai dok!!

Pemberian ASIP bisa dicoba lewat alternatif lain seperti sendok atau pipet.
.
Sebetulnya memang dot kurang disarankan yah dok.. Tapi anak saya dulu alhamdulillah tidak bingung puting dengan dot.
Kalau memang masih ingin melanjutkan menggunakan dot, bisa dicoba berganti jenis atau merek dot, dok.. Anak menolak bisa jadi karena nipple terlalu keras, aliran terlalu deras, atau kurang deras. Jadi dokter bisa coba ganti nipple dulu, atau bisa coba merek dot yang berbeda.
Anak saya dulu pakai merek Avent, nipple saya ganti setiap 2 bulan. Kalo untuk size nipple nya saya sesuaikan respon anak saja. Kalo sepertinya lagi mau deras saya pakai ukuran besar, kalo pengen agak slow saya pakai yang kecil.
.
Keadaan ASIP juga memengaruhi dok.. kalo untuk anak saya dia senang ASIP tidak terlalu hangat, kalo terlalu panas tidak mau, dingin juga tidak mau.
Kalo ASIP banyak kandungan lipase baunya akan sedikit amis kan yah dok.. nah ini bisa pengaruh juga pada bayinya.
.
Semoga membantu yaa dok.. Semangat menyusui!!

saya pernah mencoba menawarkan cup feeder , sendok atau pipet , tapi pengasuhnya yg menolak karena alasan kurang praktis.

berhubung mencari pengasuh agak sulit ya dok, jadi saya 'iya' kan saja deh.

saran mengganti dot akan saya coba dok , saya pakai dot pigeon dengan regulator , apakah berpengaruh juga ya ?

saya juga pas anak pertama gak bingung puting padahal pakai dot juga sampai sekarang , makanya sekarang ini anak kedua ketemu begini lumayan bikin bingung dok .

thanks masukannya dr. Bedry Qintha ♡

27 Juni 2018, 22:31

dr. Alvina, SpKJ
Jun 27, 2018 at 22:25 PM

saya setuju dengan dr. Bedry. bisa dicoba dot dari berbagai macam merk. bayi saya kebetulan tidak suka dengan dot avent yang classic tp dia lebih bisa menggunakan dot pigeon peristaltic plus,mungkin karena lebih lunak ya.

untuk kondisi ASIPnya sendiri, bayi saya suka ASIP yang tidak dibekukan karena tidak terlalu bau saat dihangatkan. mungkin perlu diperhatikan juga pada bayi dokter sukanya seperti apa.

semangat ya dok!

wah berarti bener bener harus cari pas nya nipple dot nya yang seperti apa ya dok ..

baiklah mumpung ada waktu , saya coba coba dulu dok ..

kebetulan untuk ASIP , saya pake chiller saja , tidak pakai yang beku , karena pengalaman anak pertama pakai yang beku juga tidak mau dok ..

sepertinya ada hubungannya juga dengan kualitas ASIP nya ya ..

terima kasih banyak dr.Alvina sharingnya ♡