Urtikaria dan angioedema pasca vaksinasi astra zeneca - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, saya izin bertanya, saat paraktik saya kedatangan pasien yang menanyakan saat dia di vaksin AZ kemudian muncul urtikaria dan angioedema. Tidak...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Urtikaria dan angioedema pasca vaksinasi astra zeneca

    07 September 2021, 15:51

    Alo dokter, saya izin bertanya, saat paraktik saya kedatangan pasien yang menanyakan saat dia di vaksin AZ kemudian muncul urtikaria dan angioedema. Tidak ada riwayat alergi sebelumnya pada pasien.

    Yang saya ingin tanyakan, jika memang pasien memiliki alergi terhadap AZ, untuk vaksin ke-2 nya bagaimana ya dok? Apakah harus diganti dengan jenis vaksin lain?

    Terima kasih dok sebelumnya

07 September 2021, 16:15

Alodokter, izin ikut berdiskusi 

Vaksin untuk mencegah COVID-19 dikontraindikasikan pada pasien yang memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap komponen dari vaksin ini, termasuk kandungan eksipien. Dosis kedua tidak boleh diberikan pada orang yang mengalami reaksi anafilaksis/ Alergi Berat terhadap dosis pertama. Alergi berat yang dimaksud adalah kemerahan, bengkak dan sesak napas. Sehingga jika bukan termasuk alergi berat masih dapat diberikan vaksinnya.

Berikut sumber yang saya baca, cmiiw

https://dinkesjatengprov.go.id/v2018/storage/2021/07/BUKU-SAKU-VAKSINASI-COVID-19_28MEI2021-.pdf

https://www.alomedika.com/obat/vaksin/recombinant-adenovirus-vector-vaccine/vaksin-covid19-astrazeneca/kontraindikasi-dan-peringatan