Penyebab terjadinya abses serebri pada pasien laki-laki usia 33 tahun dengan riwayat memiliki kista paru - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin konsul. Ada pasien laki laki usia 33 thn dengan dx abses serebri parietal sinistra. Pasien ini telah dilakukan needle aspiration dan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Penyebab terjadinya abses serebri pada pasien laki-laki usia 33 tahun dengan riwayat memiliki kista paru

    24 September 2019, 15:10
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, izin konsul. Ada pasien laki laki usia 33 thn dengan dx abses serebri parietal sinistra. Pasien ini telah dilakukan needle aspiration dan hasilnya telah dikultur, hasil kultur bakteri (-), bakteri m.tb (-), rw trauma (-), rw OMA, OMSK, mastoiditis (-), rw op kepala sebelumnya (-), namun tahun 2013 pasien ini pernah menjalani pengobatan tb selama 5 bulan. Dari hasil rontgen kesan : susp kista paru multiple dd multuple cavitas. Yang ingin saya tanyakan abses pada pasien ini berasal dari mana? Hubungannya spt apa antara kista paru dg abses serebri ? 

24 September 2019, 15:34

Selamat sore Dokter, menurut link berikut https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3808066/, Abses pada otak bisa bersumber dari 3 cara, yaitu penyebaran fokus infeksi luar kepala seperti sinus, telinga dalam atau dari infeksi gigi. Yang kedua dari penyebaran darah yang infeksinya bisa berasal dari luar, sperti infeksi paru (abses dan empiema paru), bakterial endokarditis, infeksi kulit, dan infeksi pada perut. Yang ketiga direct inaculation Dokter. IMHO mungkin saja sumber atau penyebab abses otaknya berasal dari beragam infeksi di luar atau bahkan di dalam otaknya sendiri Dokter. 

24 September 2019, 18:08
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Wah terimakasih banyak dok, sangat bermanfaat 😊🙏
27 September 2019, 19:20
dr. Ade Wijaya SpS
dr. Ade Wijaya SpS
Dokter Spesialis Saraf
Pada kasus lesi fokal di otak yang dicurigai abses, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa status HIV, apabila HIV positif, maka kemungkinan utamanya adalah toxoencephalitis dd/ tuberkuloma. apabila HIV negatif, maka kemungkinan utamanya adalah tuberkuloma atau abses TB dd/ abses bakterial. 
29 September 2019, 12:58
dr. Heriyanto Hidayat, Sp.PD.
dr. Heriyanto Hidayat, Sp.PD.
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Setuju dok
29 September 2019, 12:58
dr. Heriyanto Hidayat, Sp.PD.
dr. Heriyanto Hidayat, Sp.PD.
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Setuju dok
28 September 2019, 08:13
Ya Dok, Saya setuju dengan TS lainnya, perlu dicari tahu dulu faktor resiko dari terjadinya abses serebri seperti status sistem imun (termasuk resiko terkena HIV), kondisi keganasan lain seperti kanker, efek obat obatan yang mengganggu sistem imun seperti obat kemoterapi, dan lainnya.
28 September 2019, 08:20
Terkait hubungan antara kista paru dan abses serebri Saya menemukan 1 jurnal yang mengatakana bahwa abses serebri adalah salah satu komplikasi dari kista paru. Berikut jurnalnya Dok.
crj15045.pdf
29 September 2019, 14:29
dr. Mohd Bhukkar Adil Sjam, SpPD, FINASIM
dr. Mohd Bhukkar Adil Sjam, SpPD, FINASIM
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Abses terkadang merupakan manifestasi gambaran gangguan imunitas, mulai dari DM, kanker, HIV atau gangguan imumitas lainnya. Perlu dilakukan anamnesis lebih tajam dan kelengkapan data penunjang lainnya untuk mencari faktor risiko tersebut. Khusus untuk diabetes jika perlu lakukan pemeriksaan TTGO. 
29 September 2019, 14:33
Terimakasih infonya Dok.