konsul pasien hamil 38 minggu dengan riwayat SC yang ingin VBAC - Diskusi Dokter

general_alomedika

saya ingin menanyakan mengenai VBAC. ada user yg mengatakan 4 tahun lalu menjalani prosedur SC karena gagal induksi.user saat ini hamil 38 minggu, posisi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • konsul pasien hamil 38 minggu dengan riwayat SC yang ingin VBAC

    22 November 2018, 12:46

    saya ingin menanyakan mengenai VBAC. ada user yg mengatakan 4 tahun lalu menjalani prosedur SC karena gagal induksi.

    user saat ini hamil 38 minggu, posisi bayi baik, plasenta juga baik di fundus, tidak ada riwayat operasi pada rahim selain SC 4 tahun lalu.

    namun saat mengunjungi dokter spesialis kandungan, ada 2 dokter yg bependapat boleh dilakukan VBAC, dokter lainnya tidak menganjurkan.

    krn sepengetahuan saya VBAC boleh dilakukan selama jarak lebih dr 2 tahun, indikasi SC sebelumnya bukan sesuatu yg absolut seperti panggul sempit, riwayat baru 1x SC, dan tidak memiliki kondisi medis seperti hipertensi dan DM.

    bagaimana menurut TS apakah memang saat ini VBAC sudah tidak dianjurkan ?

22 November 2018, 12:56

Alo dokter!

Ini ada artikel Alomedika mengenai VBAC : https://www.alomedika.com/kelahiran-per-vaginam-pasca-operasi-caesar-vaginal-birth-after-caesarean-section

Jadi benar seperti yang dokter sebutkan, pada pasien ini sepertinya bisa dilakukan VBAC. Menambahkan sedikit, hal lain yang perlu diperhatikan adalah usia pasien, bentuk insisi yang dilakukan pada SC sebelumnya, indeks massa tubuh, dan ketebalan segmen bawah rahim. cmiiw.

22 November 2018, 15:49
Halo dok. Memang benar dok, tetap sampai saat ini VBAC bisa dilakukan. Bahkan pada penelitian, 60-80% bisa melahirkam per vaginam dengan baik. Namun tentu ada pertimbangan sebelumnya apakah pasien bisa dilakukan VBAC atau tidak, dan beberapa dokter ada yang hanya anjurkan VBAC bila melahirkan di fasilitas kesehatan yang bisa lakukan SC segera. Beberapa dokter ada juga yang tidak anjurkan VBAC bila riwayat SC lebih dari 2x sebelumnya. Namun yang pasti kalau ibu ada bekas luka SC tinggi yang vertikel (classical uterine incision), tidak diketahui riwayat insisi uterus saat SC sebelumnya, atau riwayat ruptur uteri, atau ada operasi rahim sebelumnya seperti operasi removal myoma uteri, maka bisa saja ibu tidak menjadi kandidat VBAC. Dokter bisa juga menilai dengan gunakan Flamm Score. 

Berikut sumber referensi yang bisa ditelaah selanjutnya dok. 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK507844/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/30065542/

Dan ini ada systematic review tentang VBAC setelah 2 kali persalinan dgn SC

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/19781046/
22 November 2018, 16:37
terimakasih banyak dokter-dokter informasinya. sangat membantu sekali. 😊
22 November 2018, 17:46
dr.Jonathan Chandra Nainggolan SpOG
dr.Jonathan Chandra Nainggolan SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Dok saat ini harus juga dilihat juga dari usg apakah ada tanda tanda plasenta previa totalis dan bila ada di cek apakah ada tanda tanda plasenta akreta dan kedua saran kembali ke dokter kandungan apakah ada insisi T yg bisa membuat bahaya ruptur bila coba VBAC dok.
22 November 2018, 17:51

dr.Jonathan Chandra Nainggolan SpOG
Nov 22, 2018 at 17:46 PM

Dok saat ini harus juga dilihat juga dari usg apakah ada tanda tanda plasenta previa totalis dan bila ada di cek apakah ada tanda tanda plasenta akreta dan kedua saran kembali ke dokter kandungan apakah ada insisi T yg bisa membuat bahaya ruptur bila coba VBAC dok.

wah terimakasih banyak dokter informasinya.