Pemberian obat alprazolam dan clobazam sebagai terapi insomnia pada ibu hamil - Diskusi Dokter

general_alomedika

Pagi alodok dan sejawat sekalian. Ijin bertanya saya ada pasien atas nama Ny. F usia 24th dengan G1P0A0 hamil 5 minggu dengan HEG. Pasien selalu mengeluh...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemberian obat alprazolam dan clobazam sebagai terapi insomnia pada ibu hamil

    05 Januari 2020, 06:31

    Pagi alodok dan sejawat sekalian. Ijin bertanya saya ada pasien atas nama Ny. F usia 24th dengan G1P0A0 hamil 5 minggu dengan HEG. Pasien selalu mengeluh insomnia dan sejak sebelum hamil pasien rutin berobat ke dr. SpKJ lalu mengkonsumsi alprazolam dan clobazam. Apakah saat hamil obat tersebut tetap aman untuk di berikan kepada pasien? Mohon pencerahannya dari sejawat. Terima kasih.

05 Januari 2020, 09:48
dr. Wahyu Setyo Nugroho SpOG
dr. Wahyu Setyo Nugroho SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Salam Alodokter. Memang rumit masalah yg dihadapi pasien. Tapi ini sebenarnya menunjukkan kekurangan kita dalam mengedukasi pasien. Pasien usia muda dgn gangguan insomnia dan mendapat terapi benzodiasepin tanpa diiringi dgn konseling pre-konsepsi. Terjadilah kehamilan disertai komplikasi HEG. Kedua obat yg dipakai merupakan kategori D untuk kehamilan. Artinya boleh digunakan dalam kondisi life-threathening pasien. Obat ini berkaitan dengan gangguan malformasi kongenital seperti cleft palate pada awal kehamilan, dan penggunaan pada trimester akhir berkaitan dengan floppy infant syndrom. Juga diekskresikan di breast milk. Kesimpulannya adalah penggunaan obat ini bisa dilanjutkan asal disertai dengan pertimbangan klinis yg baik dalam arti untuk menyelamatkan hidup pasien atau sebaiknya dihindari.
05 Januari 2020, 09:55
dr.Jonathan Chandra Nainggolan SpOG
dr.Jonathan Chandra Nainggolan SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Benar dr. Wahyu(NOH). Karena ini masih trimester pertama kehamilan
05 Januari 2020, 11:00
Terima kasih dokter untuk pencerahannya
05 Januari 2020, 14:53
Terima kasih dok untuk penjelasannya .. 
05 Januari 2020, 23:02
terimakasih dokter ilmunya 😇🙏
05 Januari 2020, 14:15
Terima kasih dok sharingnya
06 Januari 2020, 12:38

Alo Dok, 

Jika memang pengobatan alprazolam dan clobazamnya masih rutin dikonsumsi, saran saja dikembalikan lagi pada psikiaternya saja dok. Selain itu, peresepan alprazolam tidak boleh lagi dilakukan oleh dokter umum berdasarkan Kepmenkes tahun 2017 tentang formulatorium nasional. Peresepan alprazolam hanya boleh diberikan oleh psikiater dan internis bagian psikosomatik.