Teknik HOME pada Perawatan Anak - Kedokteran Gigi Anak Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo drg. Eka, Sp.KGADok ingin bertanya terkait teknik HOME. Apakah teknik ini bisa langsung dilakukan ketika anak memang sudah menunjukkan tanda-tanda...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Teknik HOME pada Perawatan Anak - Kedokteran Gigi Anak Ask The Expert

    20 Januari 2022, 10:49

    Alo drg. Eka, Sp.KGA

    Dok ingin bertanya terkait teknik HOME. Apakah teknik ini bisa langsung dilakukan ketika anak memang sudah menunjukkan tanda-tanda ketidak kooperatifan? Atau adakah teknik lain yang bisa kita lakukan ketika menghadapai anak yang tidak kooperatif saat dilakukan perawatan? Dengan pertimbangan, dikhawatirkan anak menjadi trauma ke dokter gigi setelah dilakukan tindakan HOME. Terima kasih dok

20 Januari 2022, 12:02

Alo Dokter Annisa,

Hasil riset menunjukkan teknik Hand Over Mouth Exercise (HOME) sebagai manajemen perilaku pasien anak kurang diterima dengan baik oleh orang tua. Oleh karena itu, teknik ini sebaiknya dijadikan pilihan terakhir dengan tidak lupa melakukan informed consent terlebih dahulu kepada orang tua untuk menghindari kesalahpahaman.

Pada anak yang tidak kooperatif namun diperlukan perawatan segera (misalnya terdapat abses), seringkali saya memilih melakukan perawatan dengan active restraint, dimana drg mengajak orangtua untuk berpartisipasi mengimobilisasi anak agar perawatan dapat dilakukan dengan aman. Teknik ini biasanya lebih diterima orang tua karena ikut terlibat langsung, dan anak pun merasa lebih aman karena duduk bersama dengan orang tua.

Namun jika anak tidak memerlukan tidakan segera, dapat dilakukan pendekatan bertahap diawali dengan membangun kepercayaan anak terhadap dokter gigi, dan peningkatan kompleksitas tindakan pada pertemuan selanjutnya.

Untuk meminimalisir trauma pada anak, jaga intonasi bicara saat melakukan tindakan, kemudian jangan lupa berikan pujian atas kerjasamanya di akhir perawatan.