Tanda bahaya dan tatalaksana awal pada suara parau - THT Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Lenny Anggreani, Sp. THT-KL izin bertanya dokter.Kapan suara parau atau disfonia itu dianggap berbahaya dokter? Bagaimana tatalaksana pertama suara...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tanda bahaya dan tatalaksana awal pada suara parau - THT Ask The Expert

    25 Februari 2021, 14:36

    Alo dr. Lenny Anggreani, Sp. THT-KL izin bertanya dokter.

    Kapan suara parau atau disfonia itu dianggap berbahaya dokter? Bagaimana tatalaksana pertama suara parau yang dapat diberikan dokter umum.

    Terimakasih sebelumnya 🙏

25 Februari 2021, 16:29
dr. Lenny Anggreani
dr. Lenny Anggreani
Dokter Spesialis THT

Alo dr.Nurul, suara parau dianggap berbahaya  apabila gangguan suara parau tersebut terjadi lebih dari 2 minggu dan suara parau yang terjadi disertai gejala sesak nafas.

Tatalaksana suara parau yang dapat dilakukan oleh seorang dokter umum adalah dengan anamnesa yang lengkap sehingga dapat diketahui etiologi dari suara parau tersebut serta pemeriksaan fisik area laring dengan menggunakan kaca laring untuk mengevaluasi kondisi area laring dan sekitarnya. 

Seperti diketahui penyebab suara parau adalah infeksi, paralisis otot-otot pita suara, tumor, sikatriks akibat operasi dan  voval abuse. Terapi pada suara parau akibat infeksi dapat diberikan antibiotik maupun antiinflamasi, sedangkan pada vocal abuse dapat disarankan untuk istirahat suara selama 2 minggu.

Apabila penyebab dari suara parau tersebut adalah adanya adanya paralisis pita suara atau adanya kecurigaan ke arah keganasan di area laring, maka secepatnya pasien dirujuk ke dokter spesialis THT untuk pemeriksaan lebih lanjut menggunakan telescope laring baik yang rigid ataupun flexible. 

25 Februari 2021, 16:35
Baik dokter, terimakasih atas informasinya 🙏🙏