Mencampur susu UHT di MPASI untuk bayi 6-12 bulan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Sore Dok, ada user yg bertanya boleh tidak menggunakan susu uht untuk campuran MPASI bayi 6-12 bulan.Katanya membaca dibeberapa tempat tidak membolehkan....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Mencampur susu UHT di MPASI untuk bayi 6-12 bulan

    01 November 2019, 15:25
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Sore Dok, ada user yg bertanya boleh tidak menggunakan susu uht untuk campuran MPASI bayi 6-12 bulan.

    Katanya membaca dibeberapa tempat tidak membolehkan. Namun saya sendiri belum menemukan jurnal atau buku jawaban pastinya. Malahan di beberapa contoh MPASI WHO digunakam keju dan yogurt. Jadi susu UHT, keju yogurt boleh gak dok jadi bahan tambahan MPASI.

    Terimakasih

01 November 2019, 18:48
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Alo dokter.

Ini saya nemu guideline WHO untuk makanan anak umur 6-24 bulan yang tidak mendapat ASI, susu UHT boleh digunakan. Tapi kalau anaknya masih mendapat ASI, tentunya susu UHT tidak perlu diberikan karena lebih baik memberikan ASI.

https://www.who.int/nutrition/publications/guidingprin_nonbreastfed_child.pdf

02 November 2019, 06:07
Alo Dok,

Mengenai produk olahan susu seperti yoghurt plain, keju (ada yg plain, bentuknua cube) atau unsalted butter memang bisa diberikan sebagai campuran MPASI (ada di kumpulan buku resep yg ditulis oleh dokter anak). Tapi utk UHT tdk disarankan dok. Di label/kemasan produk UHT sendiri ada disclaimer tdk boleh diberikan utk bayi di bawah setahun, bahkan ada yg boleh dikonsumsi di atas 2 tahun. Lebih baik anjurkan membuat pilihan MPASI lainnya saja mgkn ya dok. 
04 November 2019, 09:51
Alo dok,
Izin menjawab, jika susu uht diberikan untum dikonsumsi langsung oleh anak dibawah 1 tahun, tidak boleh dok. Tapi jika digunakan untuk bahan olahan masakan, seperti untuk membuat puding, cream soup, es krim, itu dibolehkan dok.

Sumber: ig dr.meta hanindita, sp.a (k)
14 November 2019, 08:31
Memang sebetulnya nilai gizi susu UHT biasanya tidak sesuai untuk pertumbuhan anak di bawah 2 tahun. Jika memang sudah tidak mendapat ASI, susu formula pertumbuhan standar yg sesuai usianya lebih direkomendasikan jika ingin memberikan susu. 
Namun sebenarnya MPASi sendiri sebetulnya tidak perlu dicampur susu karena prinsip MPASi adalah memberikan makanan padat (mulai dari konsistensi lumat, lunak sampai kasar)