Surat keterangan sehat dan sakit pada saat pandemi ini apakah hasil menyertakan hasil PCR COVID - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok, izin bertanya. Penulisan surat keterangan sehat maupun sakit dari praktek mandiri di masa pandemi ini, apakah wajib menyertakan hasil pemeriksaan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Surat keterangan sehat dan sakit pada saat pandemi ini apakah hasil menyertakan hasil PCR COVID

    18 April 2021, 13:46
    dr.Lindawaty
    dr.Lindawaty
    Dokter Umum

    Alo dok, izin bertanya. Penulisan surat keterangan sehat maupun sakit dari praktek mandiri di masa pandemi ini, apakah wajib menyertakan hasil pemeriksaan PCR covid ? Apakah ada guidelines atau aturan baku dalam hal ini? Mohon pencerahannya.

18 April 2021, 14:28
Alo dokter, di tempat saya surat keterangan sehat berbeda dengan surat bebas covid/surat hasil PCR. Tapi bisa dicantumkan sesuai permintaan tempat pasien bekerja, atau permintaan pasien jika hasil pcr nya memang ada.
19 April 2021, 09:10
Alo Dokter,CMIIW utk surat sehat dan sakit belum ada form bakunya namun data esensial yg harus ada adalah kop faskes, data pribadi pasien (nama, usia, alamat tempat tinggal) lalu keterangan sakit (durasi dan tanggal izin sakit) atau tujuan permintaan surat sehat.
Utk hasil rapid bisa dilampirkan sekaligus atau terpisah dalam surat sehat. Sementara hasil PCR setahu saya mesti divalidasi oleh dokter spesialis patklin atau mikrobiologi klinik, jadi blm bisa diakomodir oleh dokter umum yg melayani praktik pribadi dok.