suplemen vitamin ibu hamil - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dok, mohon pencerahannya, pada ibu hamil biasanya disarankan mengonsumsi suplemen vitamin, terutama asam folat dan fe. Namun biasanya beberapa suplemen juga...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • suplemen vitamin ibu hamil

    20 Juli 2019, 14:19

    Dok, mohon pencerahannya, pada ibu hamil biasanya disarankan mengonsumsi suplemen vitamin, terutama asam folat dan fe. Namun biasanya beberapa suplemen juga ada yg mengandung kandungan lain seperti vit a, vit e, kalsium, vit d, dsb. Nah, saya baca kelebihan beberapa vitamin tersebut seperti vit A, vit e juga bisa menyebabkan efek samping seperti cacat bawaan. Nah, bagaimana ya dok pemberiannya? Apakah sesuai aturan minum 1x1 sehari sudah aman? Atau perlu pemantauan tersendiri? 

    Btk

20 Juli 2019, 15:17
dr.Danny Maesadatu S, SpOG
dr.Danny Maesadatu S, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Alo TS,

Suplemen pada pengertiannya adalah pelengkap makanan. Jadi, sebenarnya selama seorang ibu hamil bisa mencukupi kebutuhan mikronutrien baik vitamin atau mineral, dari makanan sehari-hari, maka ini akan lebih baik ya. Meski terkadang tak semua bisa terpenuhi. Dan juga tubuh punya mekanisme mengatur mana yang perlu diserap banyak dan mana yang bisa disimpan dan mana yang perli diekskresikan.

Beberapa anjuran suplemen mikrontrien pada ibu hamil adalah
1. Asam folat, anjuran harian 400 mikrogram, tujuannya selain mencegah sejumlah neural tube defect, juga mencegah anemia.

2. Zat besi, dianjurkan konsumsi besi elemental 60 mg sehari, karena selain mencegah anemia, zat besi juga dibutuhkan untuk kecerdasan otak janin. 

3. Kalsium, dianjurkan konsumsi 1500 mg sehari. Jumlah ini dianggap bisa mencukupi kebutuhan ibu hamil dan juga dianggap dapat mencegah preeklampsia. Sudah banyak systematic review terkait hal ini.

4. Vitamin D, NICE guidelines menganjurkan ibu hamil konsumsi vitmain D, namun, sebelum diberikan, sebaiknya cek vitamin D darah agar jumlah dosis yang diberikan sesuai. Meski sering dikaitkan dengan preterm dan preeklampsia, namun salah satu bukti manfaat vitamin D adalah mencegah berat janin rendah. Meski Indonesia di negara tropis, tapi kebanyakan perempuan hamil mengalami hipovitaminosis D. 

Jadi, anjuran dan pemilihan suplemen perlu konsultasi dan pemeriksaan laboratorium tertentu sebelum menenetukan suplemen yang sesuai.

Demikian info yang bisa saya share. Silakan bila ada TS lain menambahkan.
20 Juli 2019, 15:20
Terima kasih dok sharingnya, berarti jika kita ingin meresepkan suplemen vitamin utk bumil sebaiknya dilakukan pemeriksaan lab darah terlebih dahulu ya dokter? Adakah anjuran untuk kontroling nya perlu dilakukan pemeriksaan darah ulang dokter setelah brp lama konsumsi? 
20 Juli 2019, 17:51
Terima kasih informasinya dokter ☺️