Suara sengau pada pasien anak post operasi labiopalatoschizis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter! Selamat malam dokter, saya ingin share kasus anak laki-laki usia 2,5 tahun datang dengan keluhan batuk pilek sejak kemarin. Pasien riwayat operasi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Suara sengau pada pasien anak post operasi labiopalatoschizis

    26 Oktober 2019, 22:31

    Alodokter! 

    Selamat malam dokter, saya ingin share kasus anak laki-laki usia 2,5 tahun datang dengan keluhan batuk pilek sejak kemarin. Pasien riwayat operasi untuk labiopalatoschisis terakhir 1 bulan yang lalu, operasi dikatakan sudah komplit. Namun ibu pasien mengeluhkan suara anaknya yang berubah menjadi sengau setelah operasi, dimana awalnya normal, contohnya masih bisa bilang "mama", namun setelah operasi cuma terdengar " aa" saja, dan saat saya periksa, uvulanya tidak ada. 


    Yang ingin saya tanyakan, apakah kondisi sengau ini disebabkan karena uvulanya diangkat? Apakah hal ini normal terjadi setelah operasi labiopalatoschisis dok? 

    Lalu apa tindakan selanjutnya yang bisa dilakukan pada pasien ini?



    Mohon ilmunya dokter, terimakasih 🙏

28 Oktober 2019, 09:56

Alo Dokter...

Umumnya anak pasca operasi celah di langit-langit mulut dapat terjadi suara sengau, sehingga wajib melakukan terapi bicara agar anak terhindar dari kesalahan pelafalan akibat bibir sumbing. Terapi ini biasanya perlu dilakukan juga oleh orang tua untuk melatih anaknya secara rutin.

Semoga ada yang dapat menambahkan.. terimakasih