Pola makan yang baik pada pasien dengan demam tifoid - Gizi Klinik Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Dian Permatasari, M. Gizi, Sp.KG, izin bertanya dokter.Bagaimana pola makan yang baik pada pasien dengan demam tifoid, makanan apa saja yang perlu...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pola makan yang baik pada pasien dengan demam tifoid - Gizi Klinik Ask the Expert

    07 Juni 2021, 12:22

    Alo dr. Dian Permatasari, M. Gizi, Sp.KG, izin bertanya dokter.

    Bagaimana pola makan yang baik pada pasien dengan demam tifoid, makanan apa saja yang perlu dipantang ataupun dihindari? Bolehkah pasien dengan demam tifoid mengkonsumsi susu? Karena ada beberapa user mengaku dipantang susu oleh dokternya.

    Terimakasih sebelumnya dokter atas informasinya.

07 Juni 2021, 13:00

Alo selamat siang Dr Nurul, terima kasih pertanyaannya ya. Demam typhoid merupakan salah satu penyakit infeksi yang mengganggu saluran pencernaan. Pemberian diet tinggi kalori diberikan pada pasien ini dengan komposisi seimbang, boleh ditambahkan komposisi protein untuk membantu mempercepat penyembuhan infeksi. Sebagian besar pasien mengeluhkan gejala gastriontestinal seperti mual, nyeri perut, konstipasi sehingga konsistensi juga perlu diperhatikan pada pasien ini. Berikan makanan dengan konsistensi seperti bubur atau nasi tim (lembek),  lauk/sayur yang tidak terlalu berbumbu dan batasi minyak karena makanan dengan banyak minyak dan terlalu berbumbu akan dicerna lebih lama di dalam lambung dan menyebabkan begah, kembung. Pilih sayur dan buah rendah serat agar lebih mudah dicerna. Namun perlu diingat bahwa setiap orang akan memiliki gejala dan toleransi terhadap asupan yang berbeda-beda ya. Untuk susu, pada dasarnya tidak ada masalah bagi pasien typhoid, pertimbangan di dalam susu terdapat laktosa yang mungkin dapat menyebabkan intoleransi,terlebih dengan gejala gastrointestinal yang sudah ada. 

Terpenting adalah makanan-makanan yang diberikan pada pasien typhoid harus benar-benar bersih dalam hal sumber, persiapan, cara pengolahan hingga penyajian makananya, dan jangan lupa cuci tangan sebelumnya.